Proyek Infrastruktur Jalan Tol Sukses Menuai Manfaat

Ilham wibowo - 12 Juni 2018 21:59 wib
Sejumlah kendaraan pemudik antre keluar Gerbang Tol Salatiga di
Sejumlah kendaraan pemudik antre keluar Gerbang Tol Salatiga di jalan tol Semarang-Salatiga, Tingkir, Salatiga, Jawa Tengah, Selasa (12/6). (Foto: Antara/Aloysius Jarot Nugroho).

Jakarta: Proyek infrastruktur pemerintah terutama jalur tol dinilai telah dirasakan manfaatnya oleh para pemudik. Pengendara kini bisa merasakan kenyamanan dan kecepatan waktu tempuh perjalanan lebih baik. 

"Kalau kita lihat dari aspek kepuasan masyarakat mudik tahun ini cukup bagus dan positif. Kita melihat infrastrukrtur yang dibuat pemerintah menuai hasil," ujar Ketua DPP Partai NasDem Zulfan Lindan dalam program Prime Talk Metro TV, Selasa, 12 Juni 2018.

Pemanfaatan proyek tersebut belum sepenuhnya optimal lantaran di beberapa titik masih ditemui pengerjaan jalan yang belum rampung. Namun, harapan untuk bisa sepenuhnya menikmati kelancaran, kenyamanan, dan keselamatan di jalan tol tak lama lagi bakalan terwujud. 

"Pendapat pengguna lalu lintas yang ada dari Jakarta ke luar kota merasakan cukup puas, yang tadinya (perjalanan) ditempuh 16 jam sekarang bisa 7 jam, yang tadinya 21 jam sekarang bisa 10 jam," ucapnya. 

Ketua DPP Partai Gerindra Ahmad Riza Patria sepakat kehadiran jalur tol Trans Pulau Jawa memberi dampak positif bagi masyarakat. Ia mengapresiasi evalusai yang dilakukan berbagai pihak setelah insiden kemacetan parah pada arus mudik Lebaran 2016. 

"Jalan tol di lintas Jawa itu pasti memberi efek positif masyarakat Jawa, mudik lalu lintas Jakarta ke Jawa Timur sangat masif," ujarnya. 

Sementara itu, Anggota Himpunan Pengembangan Jalan Indonesia (HPJI) Ellen Tangkudung menilai kesuksesan arus mudik 2018 juga tak hanya karena kehadiran infrastruktur. Seluruh pemangku kepentingan baik kementerian dan lembaga terkait hingga kepolisian kompak bersinergi.

"Tahun ini jelas harus lebih baik lagi, yang dilihat koordinasi pemangku kepentingan, mereka sudah mempersiapakn diri dari lama dan kompak," tandasnya. 


(HUS)


BACA JUGA
BERITA LAINNYA

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.