Presiden Perintahkan Dampak Erupsi Semeru Ditangani dengan Cepat

    Andhika Prasetyo - 05 Desember 2021 15:19 WIB
    Presiden Perintahkan Dampak Erupsi Semeru Ditangani dengan Cepat
    Erupsi Gunung Semeru mengakibatkan sekitar 1.000 warga di sejumlah kecamatan di Lumajang, Jawa Timur, harus mengungsi. Metro TV



    Jakarta: Presiden Joko Widodo (Jokowi) menginstruksikan jajarannya untuk segera bertindak secepat mungkin dan mengambil langkah tanggap darurat atas peristiwa erupsi Gunung Semeru. Percarian korban dan penyelamatan warga harus menjadi prioritas utama.

    "Lakukan tindakan secepat mungkin. Cari dan temukan korban, berikan perawatan kepada korban luka-luka dan lakukan penanganan dampak bencana," ujar Menteri Sekretaris Negara Pratikno mewakili Presiden dalam konferensi pers, Minggu, 5 Desember 2021.

     



    Perintah penanganan dampak erupsi itu diberikan kepada Kepala BNPB Mayjen Suharyanto, Kepala Basarnas Marsekal Muda TNI Henri Alfiandi, dan Menteri Sosial Tri Rismaharini. Kemudian, Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa, dan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo.

    Kepala Negara juga memeritahkan agar bantuan pelayanan kesehatan, penyediaan logistik kebutuhan dasar, serta perbaikan infrastruktur dapat diselesaikan dalam waktu yang sangat singkat. Pemerintah mengimbau masyarakat untuk mengikuti arahan petugas di lapangan dan selalu meningkatkan kewaspadaan.

    "Kita memang berada di wilayah ring of fire yang rawan terhadap aktivitas alam, seperti erupsi gunung berapi semacam ini. Oleh karena itu, kepala daerah dan pejabat pemerintah harus selalu waspada dan mengajak masyarakat untuk siaga, dan saling bekerja sama untuk mengantisipasi datangnya bencana semacam ini," ucap dia.

    Baca: Data Sementara 13 Orang Dilaporkan Meninggal Akibat Erupsi Semeru

    Pemerintah juga menyampaikan pesan duka cita yang mendalam bagi para korban meninggal dan luka-luka. "Semoga Tuhan Yang Maha Esa, Allah SWT, selalu memberikan pertolongan dan perlindungan kepada para korban dan juga kepada kita semuanya, serta memudahkan kita dalam menghadapi setiap tantangan," ujar dia.

    (AZF)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id