comscore

Parpol yang Catut Nama Anggota KPUD Sebagai Kader Bakal Diklarifikasi

Kautsar Widya Prabowo - 06 Agustus 2022 10:41 WIB
Parpol yang Catut Nama Anggota KPUD Sebagai Kader Bakal Diklarifikasi
Ilustrasi Komisi Pemilihan Umum (KPU). Dok. Medcom.id
Jakarta: Komisi Pemilihan Umum (KPU) memastikan akan mengklarifikasi  partai politik (parpol) yang mencatut nama anggota KPU Daerah (KPUD) sebagai kader. Hal ini untuk memastikan tidak ada anggota parpol yang berasal dari penyelenggara atau anggota fiktif.

"Akan dilakukan klarifikasi terhadap partai yang diduga tanpa sepengetahuan mencatut NIK (nomor induk kependudukan) penyelenggara kami," kata anggota KPU Idham Holik dalam konferensi pers, di Gedung KPU, Jakarta Pusat, Jumat, 5 Agustus 2022.
Idham menyebut proses klarifikasi dilakukan sejak parpol yang telah mendaftarkan diri sebagai peserta pemilu telah dinyatakan lengkap dokumen pendukungnya. Hal ini dilakukan sejak 2 Agustus hingga 11 September 2022.

"Ketika nanti misalkan dikonfirmasi bahwa yang bersangkutan betul-betul menyatakan tidak pernah dan ya itu urusan individual antara individu dengan partai politik," kata dia.

Dia menyebut selama proses klarifikasi pihaknya tidak dapat mempublikasikan ke masyarakat parpol apa saja yang mencatut anggotanya di daerah sebagai kader. Sebab, hal ini menyangkut kerahasian data pribadi.

Sehingga, setiap tim verifikator KPU menemukan persoalan tersebut langsung mengklarifikasi kepada parpol terkait. Diharapkan kasus catut nama anggota KPUD ini dapat selesai sebelum pengumuman verifikasi administrasi  pada 14 September 2022.

"Tanggal 14 September adalah tanggal di mana kami harus menyampaikan hasil verifikasi administrasi kepada partai politik untuk ditindaklanjuti apabila memang itu ada kekurangan," kata dia.
 

Baca: KPU: Pencatut Anggota KPUD Berasal dari 9 Parpol yang Berkasnya Lengkap


Idham mengimbau kepada jajarannya agar sering-sering memeriksa NIK-nya di sistem informasi partai politik (Sipol) hingga akhir penutupan pendafataran peserta Pemilu 2024 pada 14 Agustus 2022. Hal ini untuk mengetahui apakah ada nama penyelenggara pemilu di daerah yang dicatut sebagai keanggotaan partai.

"Jadi nanti tanggal 15 (Agustus) kami akan minta lagi untuk melakukan pengecekan karena seluruh data partai yang daftar itu kan masuk," kata dia.

Sebelumnya, ada 98 anggota KPU di daerah yang namanya dicatut menjadi kader parpol. Jumlah ini berdasarkan aduan yang masuk dari KPU Provinsi hingga pukul 19.08 WIB, Kamis, 4 Agustus 2022.

Ke-98 anggota KPUD yang dicatut namanya parpol itu tersebar di 22 provinsi. Berikut ini rinciannya: 4 orang personalia sekretariat KPU Provinsi (unsur Pegawai Pemerintah Non Pegawai Negeri/PPNPN) 22 orang komisioner KPU Kab/Kota 72 orang personalia sekretariat KPU Kab/Kota (terdapat 80 persen berasal dari PPNPN).

(JMS)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id