Komnas HAM Minta Jokowi Gelar Dialog Damai dengan Papua

    Nur Azizah - 16 November 2020 16:21 WIB
    Komnas HAM Minta Jokowi Gelar Dialog Damai dengan Papua
    Ketua Komisi Nasional (Komnas) Hak Asasi Manusia (HAM) Ahmad Taufan Damanik. Medcom.id/Siti Yona Hukmana
    Jakarta: Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) meminta Presiden Joko Widodo menggelar dialog damai terkait kasus kekerasan di Intan Jaya, Papua. Langkah ini penting untuk memutus praktik kekerasan di Bumi Cendrawasih.

    "Komnas HAM akan melakukan suatu langkah-langkah sendiri untuk melakukan proses dialog tersebut. Kita juga berharap dari pihak Presiden melakukan hal yang sama," kata Ketua Komnas HAM Ahmad Taufan Damanik di Istana Negara, Jakarta, Senin, 16 November 2020.

    Komnas HAM juga meminta Jokowi menyelesaikan masalah Papua secara komprehensif. Dengan begitu, solusi atas permasalahan di Papua segera ditemukan.

    "Kita juga minta supaya Presiden mendukung langkah Komnas HAM secara politik maupun dari segi kelembagaan. Itu disetujui oleh Bapak Presiden," ujar Taufan.

    Baca: Kontak Tembak dengan KKB di Intan Jaya, Seorang Prajurit TNI Gugur

    Taufan siap bekerja sama dengan pemerintah untuk menuntaskan konflik di Papua. Komnas HAM akan menggandeng tokoh adat dan agama setempat untuk meredam konflik.

    "Nanti sinergi antara Komnas HAM dengan pihak pemerintah dengan tokoh-tokoh di Papua untuk menyelesaikan masalah Papua secara damai," tutur dia.

    Kasus ini memanas saat Pendeta Yeremia menjadi korban penembakan di kandang babi, Distrik Hitadipa, Intan Jaya, Papua, Sabtu, 19 September 2020. Pelaku diduga anggota TNI dari Koramil Hitadipa Alpius Hasim Madi.

    Komnas HAM menemukan luka terbuka maupun luka akibat tindakan lain pada tubuh Yeremia. Salah satunya, luka pada lengan kiri bagian dalam dengan diameter sekitar 5-7 sentimeter (cm) dan panjang sekitar 10 cm.

    (AZF)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id