comscore

Bipih Lunas, 89.715 Jemaah Haji Siap Berangkat ke Tanah Suci

M Iqbal Al Machmudi - 21 Mei 2022 11:21 WIB
Bipih Lunas, 89.715 Jemaah Haji Siap Berangkat ke Tanah Suci
Ilustrasi. Foto: MI/Dwi Apriani
Jakarta: Data Kementerian Agama (Kemenag) mencatat jemaah yang telah melakukan pelunasan Biaya Perjalanan Ibadah Haji (Bipih) 1443H/2022M. Konfirmasi keberangkatan sebanyak 89.715 jemaah.

“Sampai ditutup kemarin sore, total 89.715 jemaah melakukan pelunasan dan konfirmasi keberangkatan. Artinya, sudah 97,26 persen dari kuota jemaah haji reguler yang berjumlah 92.246,” ujar Direktur Layanan Haji Dalam Negeri Kemenag Saiful Mujab saat dikonfirmasi Sabtu, 21 Mei 2022.

Angka tersebut belum termasuk kuota Petugas Haji Daerah dan pembimbing yang berasal dari Kelompok Bimbingan Ibadah Haji dan Umrah (KBIHU). Proses pelunasan dan konfirmasi keberangkatan bagi jemaah haji dibuka selama dua pekan, yakni pada 9-20 Mei 2022.

Dalam waktu yang bersamaan, Kemenag memberi kesempatan bagi jemaah untuk melakukan pelunasan dan konfirmasi keberangkatan dengan status cadangan. Total ada 12.294 jemaah dengan status cadangan telah melakukan pelunasan dan konfirmasi keberangkatan.

“Jadi, sisa kuota yang berjumlah 2.531 ini diisi oleh jemaah cadangan yang telah melakukan pelunasan dan konfirmasi keberangkatan yang jumlahnya mencapai 12.294,” papar dia.


Baca: Bertemu Menteri Saudi, Menag Bahas Kesiapan Haji

Sebagaimana diatur dalam Surat Keputusan Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah Nomor 157 tahun 2022. Pertama, apabila sampai akhir pelunasan Bipih tahun 1443 Hijriah/ 2022 Masehi masih terdapat sisa kuota jemaah haji reguler, kuota petugas pembimbing ibadah haji yang berasal dari Kelompok Bimbingan Ibadah Haji dan Umrah, dan atau kuota Petugas Haji Daerah, sisa kuota digunakan untuk jemaah haji reguler nomor porsi berikutnya dalam satu provinsi.

Kedua, apabila masih terdapat sisa kuota setelah pengisian kuota jemaah haji cadangan dalam satu provinsi, sisa kuota haji diberikan kepada provinsi lain dengan mengutamakan provinsi dalam 1 embarkasi.

Konfirmasi keberangkatan harus dilakukan oleh jemaah yang sudah melunasi Bipih 1441 H/2020 M.

(DEV)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id