comscore

Anggota Dewan: Bebas Berpendapat Boleh, Asal Bernilai Demokrasi

MetroTV - 28 September 2021 13:24 WIB
Anggota Dewan: Bebas Berpendapat Boleh, Asal Bernilai Demokrasi
Wakil Ketua Komisi VIII DPR Ace Hasan Syadzily. Metro TV
Jakarta: Berbagai penilaian miring terkait kebebasan berpendapat di Tanah Air tak henti diperbincangkan, demokrasi pun disebut masih sekadar narasi. Dalam berpendapat, demokrasi dinilai hanya semacam glorifikasi atas berakhirnya era pemerintahan otoritarian.

Wakil Ketua Komisi VIII DPR Ace Hasan Syadzily meminta masyarakat harus menanamkan berbagai nilai demokrasi dalam diri masing-masing saat memutuskan untuk berpendapat.
Democratic values harus juga tertanam di dalam masyarakat kita bahwa kebebasan kita juga harus menghargai kebebasan orang lain,” kata Ace dalam tayangan Editorial Media Indonesia di Metro TV pada Selasa, 28 September 2021.

Filsuf asal Amerika, John Dewey, mengungkapkan berbagai nilai demokrasi, diantaranya toleransi, saling menghormati, memahami keanekaragaman masyarakat, menjunjung tinggi martabat manusia, mengendalikan diri, dan tidak mengganggu orang lain.

“Jangan menyerang pribadi, tapi menyerang kebijakannya. Kalau menyerang pribadi dan fisik itu kan sudah tidak relevan lagi dengan kita berbicara soal demokrasi,” terang Ace.

Ace pun mengingatkan, peningkatan kualitas demokrasi menjadi tugas seluruh pihak. Pemerintah harus tetap memberikan ruang terbuka bagi masyarakat guna memberikan kebebasan dalam menyampaikan berbagai hak dasar yaitu pendapat.

“Kualitas demokrasi harus terus kita tingkatkan, kebebasan berpendapat tetap punya konsekuensi terhadap ada orang lain yang harus diperhatikan,” jelas Ace. (Nadia Ayu)

(SUR)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id