Menteri Muda Harus Miliki Kedewasaan Politik

    Ilham Pratama Putra - 23 Agustus 2019 11:23 WIB
    Menteri Muda Harus Miliki Kedewasaan Politik
    Ilustrasi: Medcom.id/Rakhmat Riyandi.
    Jakarta: Kabinet pemerintahan Joko Widodo-Ma'ruf Amin harus diisi dengan menteri muda yang memiliki manajerial baik dalam berpolitik. Kemampuan manajerial dinilai penting bagi seorang pemimpin di institusi. 

    "Manajerial itu menjadi faktor yang penting bagi kawan-kawan muda. Bagaimana program yang dibutuhkan masyarakat harus berjalan sesuai isu strategis presiden," kata pengamat politik, Adiyana Slamet kepada Medcom.id, Jumat, 23 Agustus 2019.

    Menurut dia, kemampuan manajerial dapat menunjukkan kedewasaan calon menteri muda. Sehingga, mereka bisa berhubungan baik dengan semua menteri, terutama yang sudah senior maupun berasal dari partai politik.

    "Harus dilihat calon menteri muda bisa berhubungan dengan menteri dari partai. Kedewasaan politik dalam menyikapi ritme kerja presiden dan wakil presiden," jelasnya.

    Selain itu, kata dia, kedewasaan menteri muda dipertaruhkan saat menghadapi kritik. Ketahanan atas kritik mampu membuktikan kualitas menteri pada aspek manajerial.

    "Kedewasan politik untuk menyikapi kritik yang kemudian kritik itu ditujukan pada pemimpin dalam institusi, ya menteri itu sendiri. Faktor ini jadi dominan di kelompok muda untuk belajar lebih dalam faktor manajerial dan politik," pungkasnya.

    Jokowi sebelumnya bertekad membentuk kabinet yang efektif dan responsif terhadap tantangan perubahan global yang sangat cepat. Salah satu bentuknya kabinet akan mengakomodasi kaum muda.
     
    "Kenapa kita penting mengakomodasi orang muda, usia 30-an, bahkan mungkin 25 tahunan, karena kaum muda umumnya lincah dalam menghadapi perubahan yang sangat cepat," kata Jokowi dalam wawancara khusus dengan Medcom.id di Istana Bogor, Senin, 1 Juli 2019.



    (AZF)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id