Ma'ruf Sebut Agama Alternatif Penyelesaian Konflik Global

    Indriyani Astuti - 29 Januari 2020 10:28 WIB
    Ma'ruf Sebut Agama Alternatif Penyelesaian Konflik Global
    Wakil Presiden Ma'ruf Amin bersiap memimpin rapat kabinet terbatas di Istana Bogor. Antara Foto/Wahyu Putro A
    Jakarta: Wakil Presiden (Wapres) Ma’ruf Amin menyebut konflik global tidak bisa hanya diselesaikan dengan pendekatan politik dan militer. Pendekatan keagamaan bisa jadi alternatif menciptakan kerukunan.

    "Menghadapi konflik global saat ini para pemuka agama tidak hanya selesai pada capaian rukun, tetapi bagaimana bisa merukunkan,” ujar Ma'ruf ketika menerima pendiri Foreign Policy Community of Indonesia (FPCI) Dino Pati Djalal di Kantor Wapres, Jakarta Pusat, Selasa, 28 Januari 2020.

    Ma'ruf menyebut membangun kerukunan membutuhkan pilar kuat. Ia mencontohkan Indonesia memiliki empat pilar, yakni ideologi, yuridis, sosiologis, dan teologis.

    Pilar pertama berbentuk Pancasila dan UUD 1945. Pilar yuridis terdiri dari dasar-dasar hukum. Pilar sosiologis berupa kearifan lokal yang sudah lama dimiliki Indonesia.

    "Dan keempat yaitu teologis, yaitu menyebarkan narasi-narasi kerukunan, dimulai dari majelis-majelis keagamaan, membangun komunikasi antarumat beragama,” terangnya.

    Wapres berharap FCPI dapat merangkul semua agama, seperti Hindu dan Budha, untuk memperkuat modal Indonesia di kancah dunia. Mengingat konflik yang terjadi di India dan Myanmar memilki kedekatan teologis dengan Hindu dan Budha. Jangan hanya berfokus pada kerukunan agama Islam dengan Kristen.

    Dino Pati Djalal datang melaporkan kegiatan FPCI. Salah satunya, proyek 1000 Abrahamic Circles. Program yang melibatkan 3.000 tokoh agama ini telah dimulai dan akan berlangsung selama 10 tahun ke depan.

    Ia menjelaskan program tersebut dilatarbelakangi keprihatinan dan kekhawatiran melihat situasi intoleran secara global. Project 1000 Abrahamic Circles ini mampu memperkuat dasar toleransi. Dino memohon arahan dan restu Ma'ruf agar kegiatan ini dapat berjalan baik sesuai harapan.



    (SUR)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id