Posisi Indonesia Dinilai Srategis dalam Persaingan Vaksin Global

    Antara - 15 September 2020 14:44 WIB
    Posisi Indonesia Dinilai Srategis dalam Persaingan Vaksin Global
    Ilustrasi vaksin virus korona (covid-19). Medcom.id/M Rizal
    Jakarta: Politik luar negeri Indonesia yang bebas aktif membuat negara ini berada pada posisi strategis di tengah persaingan global pengembangan vaksin covid-19. Indonesia dapat memilih rekanan terbaik bagi kepentingan nasional.

    "Kepentingan kita bukan siapa yang menang atau kalah dalam kompetisi geopolitik ini, namun memastikan kekuatan besar politik tersebut tidak berdampak buruk pada kita," ujar pengamat hubungan internasional Universitas Indonesia Shofwan Al Banna Choiruzzad dilansir dari Antara, Selasa, 15 September 2020.

    Sejumlah negara tengah mengembangkan vaksin covid-19. Beberapa di antaranya telah masuk dalam tahap uji klinis pada manusia. Setelah dipastikan manjur, vaksin bisa diproduksi dan digunakan secara massal.

    Baca: Erick: Indonesia Negara Teragresif Cari Vaksin

    Amerika Serikat (AS) setidaknya memiliki enam vaksin yang berada di tahap uji klinis dari enam perusahaan farmasi. Rusia dengan Sputnik V yang telah terdaftar pada Agustus lalu dan diuji coba kepada 55.000 relawan.

    China juga tidak ketinggalan dengan vaksin dari Sinovac Biotech, perusahaan yang meneken kerja sama dengan Bio Farma dan tengah menjalankan uji klinis tahap III di Bandung.

    "Yang menjadi perhatian Indonesia adalah bagaimana mendorong organisasi internasional agar lebih efektif memfasilitasi kerja sama di antara negara-negara yang kecenderungannya sedang bersaing," kata Shofwan.
     

    • Halaman :
    • 1
    • 2
    Read All


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id