NasDem Tak Masalah Hanya Sendirian Potong Gaji

    Anggi Tondi Martaon - 26 Maret 2020 10:34 WIB
    NasDem Tak Masalah Hanya Sendirian Potong Gaji
    Ketua Fraksi Partai NasDem Ahmad Ali. Foto: Medcom.id/Ilham Pratama Putra
    Jakarta: Fraksi NasDem mengusulkan sebagian gaji anggota DPR disumbangkan untuk penanggulangan virus korona (covid-19) dalam pembukaan masa sidang III 2019-2020. Keputusan itu tetap dijalankan meski tidak didukung semua fraksi di DPR.

    "Setuju atau tidak itu tidak menjadi soal karena kami ini keputusan fraksi, kami sendiri pun pasti akan kami lakukan," kata Ketua Fraksi NasDem Ahmad Ali kepada Medcom.id, Kamis, 26 Maret 2020.

    Wakil Ketua Umum Partai NasDem itu menyebutkan ajakan ini disampaikan untuk menunjukkan kepedulian anggota DPR kepada masyarakat. Warga membutuhkan bantuan nyata dari berbagai pihak, terutama DPR sebagai wakil mereka.

    "Partai harus hadir juga menjawab kritikan masyarakat bahwa dia (partai) hadir untuk kepentingan dirinya. Sekarang kita balik, partai hadir untuk kepentingan rakyat," ungkap dia.

    Usulan mendonasikan setengah gaji anggota dewan itu juga disampaikan kepada DPRD tingkat I dan II. Mereka diharapkan berkontribusi besar membantu pemerintah mengatasi wabah yang pertama kali teridentifikasi di Wuhan, Tiongkok, itu.

    "Kalau sebisa mungkin untuk kabupaten dan provinsi itu bisa berkontribusi dalam satu atau dua bulan ke depan," sebut Ali.

    Anggota Komisi III itu mengatakan kebijakan ini segera diterapkan. Donasi akan disalurkan ke pihak yang kredibel sehingga bantuan yang diberikan bisa dikelola dengan baik dan tepat sasaran.

    "Kalau hanya NasDem sendiri kemungkinan akan kita salurkan ke Metro TV. Kalau ini menjadi keputusan bersama-sama di DPR, akan kita serahkan ke Setjen (Sekretariat Jenderal) DPR untuk kemudian kita mengelolanya," ujar dia.

    NasDem Tak Masalah Hanya Sendirian Potong Gaji

    Baca: Pemotongan Gaji Penanganan Covid-19 Diusulkan Hingga DPRD Tingkat II

    Sementara itu, gaji dan tunjangan anggota DPR diatur Surat Edaran Setjen DPR No.KU.00/9414/DPR RI/XII/2010 dan Surat Menteri Keuangan Nomor S-520/MK.02/2015. Gaji anggota DPR bisa lebih tinggi jika menjadi wakil ketua ataupun ketua.

    Gaji pokok anggota sebesar Rp4,2 juta. Namun, mereka mendapatkan beragam tunjangan lain. Dalam satu bulan, anggota DPR dapat menerima uang hingga Rp66,1 juta. Wakil ketua DPR menerima Rp78,8 juta dan ketua mencapai Rp80,3 juta.



    (OGI)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id