Pembangunan Berkelanjutan Lebih Baik Ketimbang Pertumbuhan Ekonomi

    Theofilus Ifan Sucipto - 13 Mei 2020 07:08 WIB
    Pembangunan Berkelanjutan Lebih Baik Ketimbang Pertumbuhan Ekonomi
    Ilustrasi: Medcom.id
    Jakarta: Pemerintah diminta fokus mengerjakan program pembangunan berkelanjutan. Niat pemerintah menggenjot pertumbuhan ekonomi perlu mempertimbangkan banyak aspek.

    “Perkembangan berkelanjutan lebih baik dari pertumbuhan ekonomi semata,” kata pengajar senior hukum lingkungan Fakultas Hukum Universitas Indonesia Mas Achmad Santosa dalam telekonferensi di Jakarta, Selasa, 12 Mei 2020.

    Pria yang akrab disapa Ota itu mendorong pemerintah mengedepankan keseimbangan lingkungan. Semangat pemerintah mendatangkan investasi ke Indonesia juga perlu memperhatikan alam.

    Ota menjelaskan Indonesia memiliki peran penting di dunia internasional soal menjaga lingkungan. Hal itu sudah dilakukan sejak 50 tahun lalu.

    “Indonesia aktif dalam membentuk kebijakan internasional terkait menyeimbangkan lingkungan pada 1970-an awal,” ucap CEO Indonesia Ocean Justice Initiative (IOJI) itu.

    Selain itu, Indonesia berkontribusi membentuk konsep tujuan pembangunan berkelanjutan (SDG). Perhatian Indonesia pada lingkungan berlanjut pada amandemen keempat Undang-Undang Dasar (UUD) 1945.

    Hal itu tertuang pada Pasal 28 H ayat 1 UUD 1945 yang menyatakan, “Setiap orang berhak hidup sejahtera lahir dan batin bertempat tinggal dan mendapatkan lingkungan hidup yang baik dan sehat serta berhak memperoleh pelayanan kesehatan”. Ketentuan dalam UUD 1945 tersebut kemudian dilaksanakan dengan UU Nomor 36 tahun 2009 Tentang Kesehatan.

    Baca: RUU Ciptaker Dinilai Percepat Investasi untuk Pertumbuhan Ekonomi

    Ihwal lingkungan juga terdapat pada Pasal 33 UUD 1945 ayat 4 yang berbunyi, “Perekonomian nasional diselenggarakan berdasar atas demokrasi ekonomi dengan prinsip kebersamaan, efisiensi berkeadilan, berkelanjutan, berwawasan lingkungan, kemandirian, serta dengan menjaga keseimbangan kemajuan dan kesatuan ekonomi nasional.”

    “Ini bisa jadi argumen dasar bahwa pengembangan berkelanjutan lebih baik dari pengembangan ekonomi semata,” tutur mantan pelaksana tugas pemimpin Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) itu.



    (OGI)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id