3 Cara Menghalau Drone Masuk Kedaulatan Indonesia

    Wandi Yusuf - 04 Januari 2021 12:18 WIB
    3 Cara Menghalau <i>Drone</i> Masuk Kedaulatan Indonesia
    TNI AL. Foto: MI/Ferdinandus Rabu
    Jakarta: Mantan Kepala Pusat Penerangan TNI Laksamana Muda (Purn) Iskandar Sitompul mengatakan ada tiga cara untuk menghalau pesawat nirawak atau drone masuk ke kedaulatan Indonesia. Mulai dari cara yang tak membutuhkan banyak biaya hingga mengembangkan sistem khusus.

    Cara pertama ialah menggandeng nelayan menjadi milisi di laut. Artinya, nelayan direkrut pemerintah untuk menjadi bagian dari penjaga keamanan laut. Menurut dia, cara ini tergolong murah dan efektif dilakukan oleh Tiongkok dengan membuat milisi di sektor perikanan.

    "Dalam satu tahun, nelayan China bisa menangkap sembilan hingga sepuluh drone dari laut mereka menggunakan jala," kata Iskandar dalam program Primetime News dengan tema Drone Asing 'Mata-matai' Laut RI?, Minggu, 3 Januari 2021 malam.

    Kedua, Kementerian Pertahanan dan Kementerian Perhubungan bekerja sama mengembangkan alat pendeteksi objek bawah laut atau underwater object detection dataset (UDD). Alat ini kerap digunakan negara-negara maju untuk mengumpulkan data kelautan, perikanan, hingga pertahanan negara di bawah laut.

    Baca: KSAL: Drone Bawah Laut Bisa Digunakan Industri dan Militer

    Usul ketiga Iskandar ialah menanam sistem pengawasan berbasis sonar (sonar surveillance). Penanaman sistem ini juga harus diikuti dengan patroli ketat yang dilakukan Badan Keamanan Laut (Bakamla) bersama TNI Angkatan Laut.

    "Patroli harus terus dilakukan di seluruh ALKI (Alur Laut Kepulauan Indonesia) dan choke point (titik sempit) di perbatasan," kata Iskandar.

    Drone menjadi perbincangan hangat di awal tahun karena adanya temuan tak sengaja oleh nelayan Indonesia. Drone berukuran sekitar dua meter itu terjaring jala nelayan di Pulau Bonerate, Kepulauan Selayar, Sulawesi Selatan, pertengahan Desember 2020. Benda asing itu kemudian diamankan ke pangkalan TNI Angkatan Laut.

    (OGI)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id