comscore

Kunjungan Jokowi ke Rusia dan Ukraina Bukan Diplomasi Kaleng-kaleng

Theofilus Ifan Sucipto - 03 Juli 2022 13:54 WIB
Kunjungan Jokowi ke Rusia dan Ukraina Bukan Diplomasi Kaleng-kaleng
Pengamat pertahanan dan militer Connie Rahakundini Bakrie. Medcom.id/Theo
Jakarta: Kunjungan Presiden Joko Widodo (Jokowi) ke Rusia dan Ukraina disebut bukan diplomasi kaleng-kaleng. Hasil signifikan lawatan itu buah diplomasi yang apik.

“Dalam kasus ini kita tidak boleh punya diplomasi medioker dan Kementerian Luar Negeri membuktikan Indonesia tidak medioker,” kata Connie dalam diskusi virtual Crosscheck Medcom.id bertajuk ‘Sukses Besar! Jalur Pangan Rusia Terbuka, Jokowi: Mission Accomplished,’ Minggu, 3 Juli 2022.
Menurut Connie, respons itu terlihat saat Jokowi bertemu Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky. Zelensky menerima Jokowi dengan pakaian yang sopan dengan kemeja tangan panjang.

“Kemarin waktu menerima (Presiden Prancis Emmanuel) Macron saja, dia (Zelensky) tidak memakai baju pada tempatnya,” ujar dia.

Respons serupa ditunjukkan Presiden Rusia Vladimir Putin saat menerima Macron. Keduanya berbincang di meja panjang dengan jarak yang cukup jauh.

“Tapi Putin menerima Pak Jokowi dengan akrab karena dari awal Indonesia sikapnya tidak terbawa dan tidak mau mengusir diplomat,” papar Connie.

Connie mengatakan misi perdamaian Indonesia semakin mengangkat martabat Indonesia di mata dunia. Apalagi, Jokowi datang dengan pendekatan kemanusiaan.

“Ini menunjukkan Indonesia punya gigi dan mereka harus belajar pendekatan yang tidak pakai sanksi atau bantuan militer karena malah menambah masalah,” jelas dia.
 

Baca: Pemerintah Tetap Perlu Mewaspadai Eskalasi Konflik Rusia dan Ukraina


Sementara itu, Connie mengkritisi peran Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) yang kurang maksimal. Padahal, 15 juta masyarakat Ukraina terdampak akibat konflik tersebut.

“Waktu di Bosnia 200 ribu orang (terdampak), PBB sudah turun tangan. Ini sudah satu pertiga penduduk Ukraina kenapa tenang-tenang saja?” ucap dia.

(AZF)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id