MenpanRB Dukung Wacana ASN Kerja dari Rumah

    Damar Iradat - 21 November 2019 15:16 WIB
    MenpanRB Dukung Wacana ASN Kerja dari Rumah
    Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Tjahjo Kumolo. ANT/Puspa Perwitasari.
    Jakarta: Badan Perencanaan dan Pembangunan Nasional (Bappenas) mencanangkan kebijakan agar aparatur sipil negara (ASN) bisa bekerja dari rumah. Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Tjahjo Kumolo mendukung wacana itu.

    "Ini menarik. Baru tadi pagi kami rapat sama deputi untuk melihat dulu, mengkaji dulu," kata Tjahjo di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Kamis, 21 November 2019.

    Rencana itu mendukung kecepatan ASN dalam bekerja. Tjahjo menilai rencana ini mungkin diterapkan. Pemerintah akan memberikan target kepada ASN yang bekerja dari rumah. 

    Pemerintah perlu menyiapkan standar operasi prosedur (SOP) dalam menerapkan kebijakan itu. Seperti pemberian sanksi jika target yang diberikan tak tercapai.

    "Tapi kan harus hati-hati, karena menyangkut orang, menyangkut mental, menyangkut kebiasaan," tuturnya.

    Menteri Perencanaan dan Pembangunan Nasional (PPN) atau Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) Suharso Monoarfa merancang skema kerja Aparatur Sipil Negara (ASN) tanpa harus ke kantor (telecommuting).

    "Ada konsep kalau kerja lebih enak yang fleksibel kan, nah mungkin generasi-generasi ke depan juga akan dengan cara-cara seperti itu. Jadi kenapa nggak kita akomodir," kata Suharso Monoarfa seperti dikutip dari Antara.

    Bappenas bakal menguji coba konsep kerja itu kepada 1.000 pegawainya pada 1 Januari 2020. Jika berhasil, bukan tidak mungkin konsep kerja tanpa kantor akan diterapkan di ibu kota baru.



    (DRI)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id