Tenaga Honorer Tak Bisa Otomatis Jadi ASN

    Cindy - 21 Januari 2020 16:20 WIB
    Tenaga Honorer Tak Bisa Otomatis Jadi ASN
    Menpan RB Tjahjo Kumolo. Foto: MI/Fransisco Carolio Hutama Gani
    Jakarta: Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Tjahjo Kumolo menyebut tenaga honorer tak bisa otomatis diangkat menjadi aparatur sipil negara (ASN). Rekrutmen ASN harus sesuai prosedur.

    "Tuntutannya otomatis mereka (honorer) jadi ASN, kan enggak bisa dong," ucap Tjahjo di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta Pusat, Selasa, 21 Januari 2020. 

    Tjahjo menuturkan tenaga honorer diberikan kesempatan mengikuti seleksi CPNS sejak 2018, . Walau tidak lulus tes, mereka tetap dijadikan pegawai dengan status Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK).

    Tjahjo melanjutkan tenaga honorer yang memenuhi syarat CPNS diperbolehkan untuk mengikuti seleksi. Sementara, yang tidak memenuhi syarat bisa mengikuti seleksi PPPK.

    "Itu saja, ikuti mekanisme," ucap Mantan Menteri Dalam Negeri itu. 

    Komisi II DPR bersama Kemenpan RB dan Badan Kepegawaian Negara (BKN) sepakat tidak ada lagi status pegawai honorer. Keputusan itu disepakati pada rapat kerja DPR kemarin, Senin, 21 Januari 2020. 

    Status pegawai telah dirumuskan dalam Undang-Undang Nomor 5 Tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara (ASN). Didalamnya, hanya ada dua status pegawai yakni Pegawai Negeri Sipil (PNS) dan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK).





    (AGA)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id