Menteri LHK Dorong Penghapusan Penggunaan Batu Bara

    Kautsar Widya Prabowo - 02 Oktober 2019 16:35 WIB
    Menteri LHK Dorong Penghapusan Penggunaan Batu Bara
    Menteri LHK Siti Nurbaya Bakar. Foto: Medcom.id/Kautsar Widya Prabowo
    Jakarta: Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Siti Nurbaya mendorong batu bara dihapuskan dalam kehidupan sehari-hari. Pasalnya, batu bara turut menyumbang terjadinya perubahan iklim yang ekstrem. 

    Siti menyebut beberapa negara sudah fokus untuk mengurangi pemakaian batu bara. Mayoritas menargetkan pada 2050 sudah tidak lagi menggunakan batu bara.

    "Saya lagi berunding ke Pak Jonan (Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Ignasius Jonan), kita berani berapa persen (tidak pakai batu bara)," ujar Siti di Gedung KLHK, Jakarta, Rabu, 2 Oktober 2019.

    Siti menekankan sulit untuk membuat Indonesia 100 persen terbebas dari batu bara. Namun Presiden Joko Widodo telah meminimasilisasinya dengan kebijakan mewajibkan penggunaan biodisel 20 persen (B20) pada sektor-sektor tertentu.

    "Akan berkembang ke B30 dan kemungkinan ke B50, B80 dan seterusnya. Itu artinya biodiesel dengan campuran untuk energi," tutur dia. 

    Selain itu, ia menyebut Kementerian ESDM telah menggalakkan pemanfaatan energi matahari melalui pengunaan panel surya. "Sekarang di kantor-kantor sudah diminta sama Pak Menteri ESDM untuk dipasang panel surya, termasuk di KLHK di mana kita punya landasan di atas."




    (OGI)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id