comscore

Kunjungi Ukraina dan Rusia, Indonesia Datang Sebagai True Friend

Andhika Prasetyo - 28 Juni 2022 18:06 WIB
Kunjungi Ukraina dan Rusia, Indonesia Datang Sebagai <i>True Friend</i>
Presiden Joko Widodo saat kunjungan kerja di Jerman/Istimewa
Jakarta: Tenaga Ahli Utama Kantor Staf Presiden Siti Ruhaini Dzuhayatin mengungkapkan keakraban Presiden Joko Widodo (Jokowi) dengan para pemimpin dunia KTT G7, termasuk Presiden Amerika Serikat Joe Biden. Menurut dia, hal itu merupakan gestur penerimaan yang tulus dan memuat rasa saling percaya.

Menurut dia, hal tersebut memberi dampak positif, khususnya bagi Indonesia yang tengah mengusung misi perdamaian di Eropa Timur. Bukan tidak mungkin, jalan menuju rekonsiliasi antara Ukraina dan Rusia bisa benar-benar terwujud.
“Pertemuan yang bersahabat dan hangat itu memunculkan optimisme keberhasilan misi Presiden Jokowi ke Ukraina dan Rusia,” kata Ruhaini, melalui keterangan tertulis, Selasa, 28 Juni 2022.

Ia melihat Jokowi memainkan peran sebagai 'true friend' yang tidak segan menegur sahabat demi suatu kebaikan yang lebih besar. Status Indonesia sebagai negara pemrakarsa gerakan nonblok juga mempertegas kesan Jokowi betul-betul hadir ke tengah-tengah konflik untuk membawa solusi damai.
 

Baca: Perang Rusia-Ukraina, Jokowi Sebut Rakyat Negara Berkembang Terancam Kelaparan


“Dengan modalitas politik luar negeri bebas aktif, Indonesia sangat mungkin bersahabat dengan negara mana pun dalam menjaga ketertiban dunia, termasuk dengan Rusia dan Ukraina,” jelas Ruhaini.

Sejak awal, kunjungan kenegaraan Jokowi ke Eropa, selain untuk menghadiri KTT G7, memang dimaksudkan untuk berdialog dengan Rusia dan Ukraina. Kepala Negara ingin kedua belah pihak membuka ruang diskusi dan segera menghentikan perang

"Presiden ingin semua bisa duduk bersama dalam perundingan damai. Itu harus dilakukan untuk mengurangi dampak kemanusiaan terutama korban jiwa dan masalah pengungsian yang rumit, serta menghindarkan dunia dari krisis pangan dan energi," kata Ruhaini.

(ADN)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id