comscore

Airlangga Hartarto Dinilai Paling Berpeluang Diusung Capres dari KIB

Media Indonesia.com - 09 Juni 2022 18:22 WIB
Airlangga Hartarto Dinilai Paling Berpeluang Diusung Capres dari KIB
Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto
Jakarta: Koalisi Indonesia Baru (KIB) yang terdiri dari Partai Golkar, Partai Amanat Nasional (PAN) dan Partai Persatuan Pembangunan (PPP), sudah memiliki nama capres sendiri untuk diusung di Pilpres 2024. Direktur Eksekutif Indonesia Political Review Ujang Komaruddin mengatakan, sosok capres yang akan diusung oleh KIB pastinya bisa diterima oleh ketiga parpol dalam koalisi tersebut.

"Sosok yang tentu bisa diterima oleh ketiga partai tersebut. Punya kekuatan dukungan publik, punya kekuatan finansial, dan bisa menang dalam pertarungan di pilpres,” kata Ujang dalam keterangan Jakarta, Kamis, 9 Juni 2022. 
KIB memang mempunyai tiga tokoh ketua umum yang akrab ditelinga masyarakat. Mulai dari Ketum Golkar Airlangga Hartarto, Ketum PAN Zulkifli Hasan, dan Ketum PPP Suharso Monoarfa. Namun, Ujang melihat hanya Airlangga yang memiliki peluang untuk diusung menjadi capres. 

“Airlangga yang berpeluang. Airlangga itu sudah secara resmi ditetapkan Golkar dalam munas dan rapimnas sebagai capres. Golkar juga mendapatkan kursi terbesar di DPR jika dibandingkan dengan PAN dan PPP,” jelas Ujang. 

Baca: Alasan Pemerintah Tetap Jalankan PPKM Meski Covid-19 Terkendali

Selain itu Ujang menuturkan bisa saja KIB melakukan kombinasi untuk mengusung figur internal dan eksternal. Misalnya calon presiden dari dalam koalisi dan cawapresnya berasal dari luar.

“Atau bisa juga kombinasi figur internal dengan tokoh eksternal. Soal namanya tentu KIB yang tahu,” urai Ujang.

Jika disandingkan dengan tokoh eksternal di luar KIB, Ujang menyampaikan bilamana Airlangga yang tetap memiliki kans menjadi capres. Hanya saja KIB harus teliti mencari pasangan cawapresnya agar meraup suara dari masyarakat.

“Dengan sosok yang memiliki elektabilitas tinggi. Siapapun dia,” tandasnya.

Sebelumnya Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto menyatakan jika Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) sudah memiliki capres yang bakal diusung di Pilpres 2024. Pernyataan Airlangga ini ini sekaligus menampik anggapan KIB terbentuk untuk mengusung calon dari partai di luar KIB.

“Pertama, (KIB) calon sudah ada (bakal capres). Cuma kami belum umumkan,” urai Airlangga Hartarto.

(ALB)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id