Alasan Pemerintah Tak Pangkas Cuti Bersama Jelang Idul Fitri dan Natal

    Kautsar Widya Prabowo - 22 Februari 2021 18:17 WIB
    Alasan Pemerintah Tak Pangkas Cuti Bersama Jelang Idul Fitri dan Natal
    Menko PMK Muhadjir Effendy. Foto: Medcom.id/Citra Larasati
    Jakarta: Pemerintah sepakat tidak memangkas cuti bersama satu hari menjelang Hari Raya Idul Fitri dan menjelang Natal 2021. Kesepakatan itu memudahkan Polri mengendalikan pergerakan masyarakat.

    "Jangan sampai terjadi penumpukan pada satu hari dan justru akan berbahaya," ujar Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy melalui keterangan tertulis, Senin, 22 Februari 2021. 

    Di sisi lain, Muhadjir menyebut alasan pemerintah memangkas lima hari cuti bersama untuk menekan kurva penyebaran covid-19 yang belum melandai. Terutama, pasca libur panjang yang selalu menimbulkan peningkatan kasus covid-19.

    Baca: Cuti Bersama 2021 Dipangkas 5 Hari

    "Oleh karena itu pemerintah perlu meninjau kembali cuti bersama yang berpotensi mendorong terjadinya arus pergerakan orang sehingga penularan meningkat," tuturnya.

    Pemerintah, kata Muhadjir, tetap mengimbau masyarakat menjalankan 5M protokol kesehatan untuk memutus rantai penularan covid-19. Seperti menjaga jarak, mencuci tangan, memakai maskaer, menjahui kerumunan, dan mengurangi mobilitas. 

    Cuti bersama 2021 dipangkas lima hari, yakni 12 Maret 2021 cuti bersama Isra Mikraj Nabi Muhammad SAW. Kemudian, 17, 18, 19, Mei 2021, cuti bersama Hari Raya Idul Fitri 1442 Hijriah dan 27 Desember 2021, cuti bersama Hari Raya Natal 2021.
     
    Sementara itu, cuti bersama yang tetap berlangsung yakni pada 12 Mei 2021 dalam rangka Hari Raya Idul Fitri 1442 Hijriah, dan 24 Desember dalam rangka Raya Natal 2021.

    (ADN)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id