Pengamat: NasDem Pintu Gerbang bagi Figur Capres yang Potensial

    Fachri Audhia Hafiez - 16 November 2020 07:15 WIB
    Pengamat: NasDem Pintu Gerbang bagi Figur Capres yang Potensial
    Ilustrasi. Medcom.id
    Jakarta: Partai NasDem akan menggelar konvensi calon presiden (capres) pada 2022. Kegiatan ini dianggap peluang bagi figur yang berhasrat nyapres pada 2024.

    "Orang-orang yang tidak punya partai yang selama ini ngebet ingin nyapres, merasa punya bekal elektabilitas, dan jaringan, boleh coba peruntungan di konvensi Partai NasDem," kata Pengamat politik dari Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta, Adi Prayitno, kepada Medcom.id, Minggu, 15 November 2020.

    Menurut Adi, NasDem mencoba mengawal proses demokrasi dengan mencari pemimpin yang lahir dari bawah atau bottom up. Sebab, selama ini capres ditentukan oleh elite politik dan kelompok yang itu-itu saja.

    "NasDem mencoba untuk menjadikan proses demokrasi ini berasal dari bawah yaitu populis, populer, merakyat, disukai, dan bisa ikut berkompetisi untuk mencalonkan diri di konvensi," ujar dia.

    Baca: Konvensi NasDem Ajang Dongkrak Elektabilitas Figur Tak Punya Panggung

    Direktur Eksekutif Parameter Politik Indonesia ini menilai bukan hal sulit bagi NasDem untuk menunjuk capres yang akan diusung pada 2024. Namun, partai besutan Surya Paloh ini membuka diri kepada siapa pun figur yang potensial maju di Pilpres 2024.

    "NasDem ini pintu gerbangnya. Tinggal ngadu kekuatan apakah itu bisa dipilih atau tidak," ucap Adi.

    NasDem menjadi salah satu partai yang mengambil ancang-ancang untuk Pilpres 2024. NasDem akan menggelar konvensi mencari sosok potensial untuk pemimpin selanjutnya. Penyaringan dimulai pada 2022.

    Siapa pun diperkenankan mengikuti konvensi capres tersebut. NasDem bahkan menerima kader dari partai politik lain di penyaringan itu.

    Komitmen ini dibuat karena NasDem ingin menjadi partai yang terbuka bagi semua kalangan. Indonesia membutuhkan pemimpin yang memiliki kapasitas dan kualitas serta mampu mengemban amanat konstitusi.

    (JMS)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id