UU Ciptaker Beri Kemudahan Pelaku Usaha Desa, Begini Cara Kerjanya

    Nur Azizah - 09 Oktober 2020 14:53 WIB
    UU Ciptaker Beri Kemudahan Pelaku Usaha Desa, Begini Cara Kerjanya
    Mendes PDTT, Abdul Halim Iskandar, di Gedung Merah Putih KPK, Jakarta. Medcom.id/Fachri
    Jakarta: Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi Abdul Halim Iskandar menyebut Undang-Undang Cipta Kerja (UU Ciptaker) memberikan kemudahan bagi pelaku usaha di desa. Omnibus Law ini juga dinilai berdampak positif pada iklim investasi di desa.

    "UU Cipta Kerja memberikan kemudahan, perlindungan, dan pemberdayaan Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) koperasi, serta usaha mikro, kecil, dan menengah untuk menjalankan usaha, serta kemudahan dalam berinvestasi," kata Abdul dalam keterangan tertulisnya, Jakarta, Jumat, 9 Oktober 2020.

    Abdul meyakini UU Ciptaker juga akan berdampak pada penyerapan tenaga kerja secara signifikan. UU Ciptaker juga diklaim akan banyak memberikan keuntungan langsung bagi warga desa.

    "Bumdes yang kini diakui sebagai badan hukum semakin mudah menjalin kerja sama bisnis dan berkedudukan yang sama dengan pihak lain, mengakses permodalan formal seperti perbankan, mengembangkan usaha ekonomi lebih luas, dan memberikan layanan umum," kata Abdul.

    Baca: Mendes Sebut UU Cipta Kerja Untungkan Masyarakat Desa

    Menurut dia, UU Ciptaker mampu memberikan kemudahan dalam pendirian perseroan terbatas (PT) untuk Bumdes serta usaha mikro dan kecil (UMK) di desa. Pendirian PT perorangan dapat dilakukan oleh Bumdes dan UMK.

    "UU Cipta Kerja memberikan kemudahan, pelindungan, dan pemberdayaan bagi koperasi dan UMKM di desa. Ada kemudahan pendirian koperasi primer cukup beranggotakan sembilan orang, dan dapat menjalankan prinsip usaha syariah," jelas dia.

    Abdul menuturkan pendirian UMKM cukup melalui pendaftaran, bukan lagi perizinan. UMKM mendapatkan insentif berupa tidak dikenakan biaya atau diberikan keringanan biaya pendaftaran usaha, dan mendapat sertifikasi halal bagi UMK.

    (AZF)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id