Kehadiran Wakil Menteri PANRB Perlancar Visi Jokowi

    Theofilus Ifan Sucipto - 04 Juni 2021 15:35 WIB
    Kehadiran Wakil Menteri PANRB Perlancar Visi Jokowi
    Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Tjahjo Kumolo. MI/Susanto



    Jakarta: Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan memilih Wakil Menteri (Wamen) Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB). Kemunculan posisi itu guna memperlancar visi Presiden Joko Widodo (Jokowi).

    “Itu untuk penguatan tugas Kementerian PANRB yang salah satu tugas utamanya menjabarkan visi dan misi Bapak Presiden,” kata Menteri PANRB Tjahjo Kumolo dalam keterangannya melalui video, Jumat, 4 Juni 2021.

     



    Tjahjo menyebut salah satu visi Jokowi ialah reformasi birokrasi. Penguatan reformasi birokrasi secara utuh bakal mendorong suksesnya pembangunan nasional.

    Dia mengapresiasi kebijakan Jokowi. Tjahjo mengaku siap melaksanakan tugas sesuai peraturan presiden (perpres) yang diteken Kepala Negara.

    “Siapa yang akan ditugaskan Presiden sebagai wamen, saya siap saja menerima penugasan Wamen PANRB oleh Bapak Presiden,” papar politikus PDI Perjuangan itu.

    Sebelumnya, Presiden Joko Widodo mengizinkan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Tjahjo Kumolo memiliki wakil menteri. Wakil menteri bertugas membantu Tjahjo dalam memimpin pelaksanaan tugas KemenPAN RB.

    Baca: Jokowi Izinkan Menpan RB Didampingi Wakil Menteri

    Hal itu tertuang dalam Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 47 tahun 2021 tentang Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi.

    Beleid itu mengatakan Jokowi berhak mengangkat dan memberhentikan Wakil Menteri PANRB. Namun wakil menteri tetap bertanggung jawab penuh pada menteri.

    Wakil Menteri PANRB memiliki dua lingkup tugas. Pertama, membantu menteri dalam perumusan dan atau pelaksanaan kebijakan Kementerian PANRB.

    Kedua, membantu menteri mengoordinasikan pencapaian kebijakan strategis lintas unit organisasi Jabatan Pimpinan Tinggi Madya atau eselon 1 di lingkungan Kementerian PANRB.

    (SUR)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id