comscore

Survei: 72,2% Publik Puas dengan Kinerja Jokowi-Maruf

Yogi Bayu Aji - 08 Desember 2021 12:09 WIB
Survei: 72,2% Publik Puas dengan Kinerja Jokowi-Maruf
Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Ma'ruf Amin. Foto: BPMI
Jakarta: Penelitian lembaga survei Poligov menunjukkan 72,2 persen publik puas dengan kinerja pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Wakil Presiden Ma'ruf Amin. Hal ini salah satunya imbas dari pemulihan ekonomi nasional.

"Sebanyak 55 persen responden menyatakan cukup puas dan 17,2 persen menyatakan sangat puas terhadap kinerja pemerintahan Jokowi-Maruf. Artinya, jika digabungkan, maka 72,2 persen responden puas dengan kinerja Jokowi-Maruf," kata Direktur Eksekutif Poligov Muhammad Tri Anika dalam keterangan tertulis, Rabu, 8 Desember 2021.
Menurut dia, hasil survei ini menunjukkan peningkatan kepuasan publik hingga 11 persen jika dibandingkan dengan survei sebelumnya. Pada Agustus 2021, tingkat kepuasan terhadap kinerja pemerintah sebesar 61 persen.

"Dari hasil survei, hanya 20 persen yang menyatakan tidak puas dan lima persen yang mengungkapkan sangat tidak puas," jelas dia.

Baca: Presiden Sebut Bandara Tebelian Bukti Pemerataan Pembangunan

Tri Andika mencatat tren positif ini tak lepas dari suksesnya Pekan Olahraga Nasional (PON) Papua XX 2021 dan World Superbike (WSBK) 2021 di Mandalika, Nusa Tenggara Barat. Kedua ajang olahraga ini telah menumbuhkan kepercayaan masyarakat bila ekonomi bergerak menuju normal.

Selain itu, Presiden Jokowi aktif merespon isu-isu di masyarakat melalui kunjungan kerja ke daerah. Program vaksinasi covid-19 juga dianggap makin mudah diakses masyarakat yang ikut mendorong melambungkan kepercayaan publik terhadap pemerintah.

Poligov menggelar survei terhadap 1.225 responden di 34 provinsi pada 22-28 November 2021 dengan metode multistage random sampling. Tingkat toleransi kesalahan (margin of error) dalam survei ini sebesar tiga persen dengan tingkat kepercayaan terhadap responden 95 persen.

(OGI)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id