Calon Hakim Agung Ini Khawatir Sidang Live Jadi Arena Judi

    Fachri Audhia Hafiez - 20 September 2021 13:57 WIB
    Calon Hakim Agung Ini Khawatir Sidang <i>Live</i> Jadi Arena Judi
    Calon hakim agung, Yohanes Priyana/Medcom.id/Fachri



    Jakarta: Calon hakim agung, Yohanes Priyana, mengaku khawatir bila persidangan di pengadilan dilakukan melalui siaran langsung atau live. Menurut dia, hal itu berpotensi memicu arena perjudian.

    "Kalau live yang terjadi mungkin bisa terjadi perjudian, nanti orang bertaruh. Karena masing-masing, menurut saya, akhirnya mungkin suami istri pun bisa berkelahi karena suatu perkara yang di-live-kan," ujar Yohanes saat menanggapi pertanyaan dalam uji kepatutan dan kelayakan calon hakim agung di Komisi III DPR, Jakarta, Senin, 20 September 2021.

     



    Menurut Yohanes, sebagian masyarakat belum memahami mengenai perbedaan keharusan sidang secara live dengan terbuka untuk umum. Dorongan persidangan secara live kerap dikaitkan sebagai bentuk tranparansi.

    Baca: Hakim Pengadil Ahok Disinggung Soal Kasus Penodaan Agama

    "Masyarakat dikaitkan dengan tranparansi berkaitan dengan undang-undang keterbukaan informasi publik, menghendaki segala sesuatu itu harus terbuka seperti telanjang gitu," ucap Yohanes.

    Dia menilai menelanjangi sidang membahayakan. Karena, terdapat sejumlah fakta persidangan yang berpotensi dibawa hingga ke ranah publik yang lebih sempit.

    "Sebab, kalau live ini seakan-akan membawa perkara ini kepada sampai ke dapur orang. Sehingga, orang sambil masak nonton. Berbahaya sekali," ucap Yohanes.

    Selain itu, persidangan secara live dikhawatirkan membuat saksi yang diperiksa saat persidangan memahami keterangan saksi lainnya. Padahal, saksi tersebut diperiksa sendiri di ruang persidangan.

    "Dengan adanya live menjadi percuma. Karena segala sesuatu, sejak awalnya saksi lain pun, siapa tahu antara satu saksi dengan saksi lain enggak punya keterkaitan, tapi karena live semua jadi mengerti," ujar Yohanes.



    • Halaman :
    • 1
    • 2
    Read All




    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id