IPO: Yasonna dan Terawan Favorit Dicopot dari Menteri

    Anggi Tondi Martaon - 04 Juli 2020 13:39 WIB
    IPO: Yasonna dan Terawan Favorit Dicopot dari Menteri
    Menteri Hukum dan HAM Yasonna Laoly. Foto: Medcom.id
    Jakarta: Indonesia Political Opinion (IPO) merilis hasil survei terkait kinerja Kabinet Indonesia Maju (KIM) selama pandemi virus korona. Survei tersebut mencantumkan penilaian responden sosok menteri yang paling pantas di-reshuffle oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi).

    Direktur Eksekutif IPO Dedi Kurnia Syah mengatakan setidaknya ada 10 favorit responden agar dicopot dari menteri. Pertama, yaitu Menteri Hukum dan HAM (Menkumham) Yasonna Laoly.

    "Ada 64,1 persen, dinyatakan paling layak dilakukan reshuffle," kata Dedi di diskusi virtual Polemik Trijaya Menanti Perombakan Kabinet, Sabtu, 4 Juli 2020.

    Posisi kedua ditempati oleh Menteri Kesehatan (Menkes) Agus Putranto (52,4 persen). Kemudian dilanjutkan Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziah (47,5 persen).

    Secara berturut-turut pejabat yang layak dicopot, yaitu Menteri Agama Fachrul Razi, Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo, Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan.

    Baca: IPO: Airlangga Populer tapi Tidak Disukai Publik

    Selanjutnya, Menteri Sosial Juliari Batubara, Menteri Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah Indonesia Teten Masduki dan Menteri Pemuda dan Olahraga Zainuddin Amali.

    "Dan 10 besarnya diakhiri oleh Erick Thohir (Menteri BUMN)," kata dia.

    Semua nama di atas mayoritas orang dekat Jokowi. Publik khawatir, faktor tersebut membuat mereka tidak bekerja maksimal karena aman dari reshuffle.

    "Kedekatan itu membuat mereka tidak begitu berupaya lebih baik karena merasa aman dari kritik dan koreksi Presiden," ujar dia.

    Survei tersebut dilakukan di 135 desa di 30 provinsi di Indonesia pada 8-25 Juni 2020. Jumlah responden sebanyak 1350. Metodologi survei yang digunakan yaitu well being metodology.

    (JMS)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id