Menkominfo-DPR Koordinasikan RUU Perlindungan Data Pribadi

    Kautsar Widya Prabowo - 04 Februari 2020 21:03 WIB
    Menkominfo-DPR Koordinasikan RUU Perlindungan Data Pribadi
    Ilustrasi: Medcom.id
    Jakarta: Menteri Komunikasi dan Informasi (Menkominfo) Johnny G Plate berkoordinasi dengan pimpinan DPR untuk membahas Rancangan Undang-Undang (RUU) Perlindungan Data Pribadi (PDP). Draf regulasi itu sudah berada di tangan DPR.

    "Tinggal ditindaklanjuti. Bamus (Badan Musyawarah) nanti menentukan ke mana, apakah Komisi I apakah ke Baleg (Badan Legislasi), belum tahu ya. Itu internal DPR RI. Tapi, kita ingin menyampaikan bahwa persiapan dari pemerintah ya sudah siap," kata Johnny di Kompleks Parlemen, Jakarta, Selasa, 4 Februari 2020. 

    Menurut dia, RUU PDP penting untuk segera disahkan. Saat ini, sudah ada 126 negara yang memiliki regulasi untuk menjamin perlindungan data peribadi warganya. 

    "Kalau ini selesai, Indonesia akan menjadi negara yang ke 127. Di ASEAN pun demikian. Sudah empat negara punya UU Perlindungan Data. Kalau kita selesai, kita anggota ASEAN kelima," jelas dia.

    Menkominfo-DPR Koordinasikan RUU Perlindungan Data Pribadi
    Menkominfo Johnny G Plate bertemu pimpinan DPR. Foto: Medcom.id/Kautsar Widya Prabowo

    Ia mengajak masyarakat dapat mendukung terwujudnya RUU PDP dengan tidak menyebarkan berita hoaks terkait proses pengesahan regulasi itu. Masyarakat diminta menunggu mekanisme di DPR. 

    "Kita harapkan partisipasi publik yang kuat, kami sendiri akan melakukan tentu bersama-sama dengan DPR dalam proses politiknya dan melakukan komunikasi publik, penjelasan dan menjawab apabila dibutuhkan," pungkas dia. 





    (OGI)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id