Survei: 58,2% Masyarakat Nilai PPKM Merugikan

    Kautsar Widya Prabowo - 26 September 2021 18:44 WIB
    Survei: 58,2% Masyarakat Nilai PPKM Merugikan
    Ilustrasi: Medcom.id



    Jakarta: Lembaga survei Indikator Politik Indonesia menyebut mayoritas masyarakat tidak ingin pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) diperpanjang. Kebijakan itu dianggap berdampak besar terhadap ekonomi masyarakat.

    "(Sebanyak) 58,2 persen responden kami menganggap pembatasan kegiatan masyarakat sangat merugikan rakyat sehingga kondisi perekonomian menjadi semakin sulit untuk bangkit kembali," ujar Direktur Eksekutif Indikator Politik Indonesia Burhanuddin Muhtadi dalam konferensi pers virtual, Minggu, 26 September 2021.

     



    Menurut dia, 31,3 persen responden beranggapan PPKM bertujuan memutus rantai penularan covid-19. Selanjutnya, pihaknya menanyakan responden ihwal kelanjutan PPKM. 

    Baca: Survei: Tingkat Kepuasan Terhadap Kinerja Presiden Tangani Covid-19 Meningkat

    "(Hasilnya) pembatasan sosial baik Juli dan September itu tidak diperlukan lagi. Setiap warga harus menjaga kesehatan diri dan keluarga masing-masing," terang dia. 
     
    Burhanuddin menyebut temuan ini menandakan banyak masyarakat telah kelelahan menghadapi pandemi covid-19. Pasalnya, kemampuan ekonomi masyarakat juga terus tergerus.

    "Mungkin mereka enggak punya tabungan, mereka ingin pembatasan sosial tidak lagi diperpaniang," jelas dia.

    Survei ini digelar pada 17 sampai 21 September 2021. Sampel survei meliputi 1.200 responden yang dipilih acak dari kumpulan sampel acak survei tatap muka langsung pada Maret 2018 hingga Juni 2021.

    Sebanyak 1.200 responden itu memiliki margin of error kurang lebih 2,9 persen dengan tingkat kepercayaan 95 persen. Sampel berasal dari seluruh provinsi yang dihubungi melalui telepon.

    (OGI)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id