Komisi V Geram Penerbangan Wuhan-Bandara Soetta Dibuka Kembali

    Fachri Audhia Hafiez - 03 Mei 2021 17:43 WIB
    Komisi V Geram Penerbangan Wuhan-Bandara Soetta Dibuka Kembali
    Ilustrasi/Medcom.id



    Jakarta: Wakil Ketua Komisi V DPR Syarief Abdullah Alkadrie geram dengan pembukaan kembali penerbangan rute Wuhan ke Bandara Soekarno Hatta (Soetta). Pembukaan penerbangan itu dilakukan maskapai Lion Air.

    "Pemerintah ini kan harusnya konsisten. Karena memang sekarang kasus (covid-19) kita sedang naik dan beberapa di belahan dunia juga naik," ujar Syarief saat dihubungi, Senin, 3 Mei 2021.






    Syarief meyakini pembukaan penerbangan itu belum memberi jaminan keamanan terhindar dari penyebaran covid-19. Terlebih, covid-19 pertama kali muncul di Wuhan.

    "Seharusnya hal-hal seperti ini harus diantisipasi," ujar Syarief.

    Baca: Lion Air Buka Penerbangan Wuhan-Bandara Soetta, Ini Penjelasan Kemenhub

    Politikus Partai NasDem ini menilai kebijakan tersebut tidak memenuhi keadilan bagi masyarakat, khususnya terkait pelarangan mudik. Dia menilai belum tercipta konsistensi pemerintah untuk melindungi rakyatnya.

    "Kan kita sudah melarang rakyat kita sendiri, apalagi bulan syawal yang memang sudah menjadi tradisi mudik," ucap Syarief.

    Maskapai Lion Air membuka kembali penerbangan rute Wuhan ke Bandara Soekarno Hatta (Soetta/CGK), Jakarta. Namun, penerbang itu bukan penerbangan berjadwal atau reguler, melainkan carter.

    Direktur Jenderal Perhubungan Udara Kemenhub Novie Riyanto menyampaikan layanan tersebut telah memenuhi persyaratan terbang. Syarat ialah Flight Approval (FA) pada 18-19 April 2021 dari Direktorat Jenderal Perhubungan Udara untuk melayani penerbangan carter dengan tujuan pengangkutan tenaga kerja asing (TKA) asal Tiongkok untuk kepentingan bisnis.

    (ADN)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id