comscore

Lestari Moerdijat: Pembinaan Olahraga Harus Konsisten

Dhika Kusuma Winata - 22 Mei 2022 21:20 WIB
Lestari Moerdijat: Pembinaan Olahraga Harus Konsisten
Wakil Ketua MPR Lestari Moerdijat (Rerie). Dok Medcom.id
Jakarta: Wakil Ketua MPR Lestari Moerdijat (Rerie) mendorong perbaikan tata kelola pembinaan olahraga dilakukan konsisten demi meningkatkan prestasi. Pembinaan di setiap cabang olahraga harus konsisten dan terukur demi menghasilkan atlet-atlet yang unggul.

"Bidang olahraga mampu menghidupkan kembali semangat keindonesiaan kita untuk membantu negeri ini bangkit dari keterpurukan. Karena itu penting untuk mencetak atlet-atlet unggul di berbagai cabang olahraga agar mampu tampil membanggakan saat berlaga di ajang internasional," kata Rerie melalui keterangan tertulis, Minggu, 22 Mei 2022.
Hal itu disampaikannya berkaitan dengan posisi Indonesia pada ajang SEA Games 2021 Vietnam. Target 72 medali emas yang dicanangkan jelang penutupan belum tercapai. Posisi kontigen Indonesia saat ini di peringkat tiga pengumpul medali emas terbanyak.

Ia menegaskan prestasi olahraga nasional penting sebagai wahana menggelorakan semangat kebangsaan. Kebanggaan atas supremasi olahraga nasional di kancah regional bakal mampu meningkatkan pemahaman terhadap nilai-nilai kebangsaan.

Menurut dia, olahraga nasional harus mampu menerapkan sistem pembinaan yang baku, berkelanjutan, dan terukur agar selalu mampu mengukir prestasi. Pembinaan calon-calon atlet nasional sebagai bagian dari regenerasi pun harus dilakukan sejak dini.

Baca: Pemberdayaan Perempuan Langkah Strategis Wujudkan Kebangkitan Nasional

Anggota Majelis Tinggi Partai NasDem itu mengingatkan tata kelola pembinaan calon atlet nasional harus benar-benar mendapat dukungan penuh dari para pemangku kepentingan dan masyarakat di tingkat pusat dan daerah. Ini agar putra-putri bangsa yang berbakat tidak ragu lagi untuk berkarier sebagai atlet.

Dengan jaminan tata kelola yang baik dalam pembinaan para calon atlet, kata dia, potensi atlet yang dimiliki Indonesia bisa segera terangkat. Indonesia sebagai negara besar dengan populasi lebih dari 278 juta jiwa sepatutnya menjadi modal jika menerapkan tata kelola yang baik dalam pembinaan olahraga nasional.

"Karena dengan jiwa dan raga yang sehat dari anak bangsa tidak sulit bagi bangsa Indonesia untuk menjadi bangsa yang tangguh dan mampu menjawab berbagai tantangan di masa datang," ujar anggota Komisi X DPR itu.

(AGA)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id