comscore

Terobosan Hukum Panglima TNI Dapat Dukungan

Wandi Yusuf - 10 Maret 2022 14:16 WIB
Terobosan Hukum Panglima TNI Dapat Dukungan
Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa. Foto: Medcom/Yona
Jakarta: Terobosan hukum yang dilakukan Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa mendapat dukungan. Andika memerintahkan Pusat Polisi Militer (Puspom) TNI turun langsung menangani setiap pelanggaran hukum anggota TNI. Hukuman disiplin tak lagi dilakukan di setiap satuan militer.

"Langkah yang tepat. Hal ini untuk menghindari adanya subjektivitas atau dikhawatirkan ada rasa 'ewuh pekewuh' yang bisa menjauhkan hukuman tegas bagi rekan satu satuan, sehingga penanganannya kurang serius," kata pengamat militer Susaningtyas Kertopati, melalui keterangan tertulis, Kamis, 10 Maret 2022.
Pemberian hukuman bagi anggota militer kerap menjadi polemik. Tarik menarik pendapat apakah harus melalui peradilan militer atau peradilan umum, masih kerap terjadi. Bahkan, polemik ini masih diperdebatkan di DPR.

"Diharapkan, ketegasan Panglima TNI ini bisa sedikit demi sedikit mengakhiri polemik tersebut," kata dia.

Baca: KSAD Instruksikan Jajarannya Cermat Pilih Penceramah

Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa membuat terobosan hukum terkait disiplin prajurit. Setiap prajurit TNI yang terbukti melanggar aturan ringan maupun berat, harus ditangani langsung oleh Puspom TNI.

"Jadi asal diketahui semuanya, hukuman disiplin tidak lagi di satuan. Hukuman disiplin, mau 14 atau 21 hari, itu di Polisi Militer. Ringan atau berat itu di Polisi Militer. Tidak lagi di satuan," kata Andika di saluran Youtube Jenderal TNI Andika Perkasa, yang diunggah pada 7 Maret 2022.

Kebijakan itu diambil untuk memastikan hukum ditegakkan secara proporsional. "Kalau di satuan itu banyak prememorinya, jadi seperti enggak serius dan akhirnya enggak menimbulkan efek jera. Ini memang hukuman disiplin, tapi jalani supaya dia merasakan,” kata Andika.

(AZF)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id