Fahri Minta Presiden Segera Lantik Pimpinan KPK Terpilih

    Fachri Audhia Hafiez - 16 September 2019 15:00 WIB
    Fahri Minta Presiden Segera Lantik Pimpinan KPK Terpilih
    Wakil Ketua DPR Fahri Hamzah. ANT/Adiwinata Solihin.
    Jakarta: Wakil Ketua DPR Fahri Hamzah meminta Presiden Joko Widodo segera melantik lima pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) terpilih periode 2019-2023. Apalagi tiga pimpinan KPK telah menyerahkan mandat pemberantasan korupsi kepada Kepala Negara.

    "Sekaligus dilantik lima-limanya tidak ada masalah," kata Fahri di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Senin, 16 September 2019.

    Fahri menjelaskan Wakil Ketua KPK Saut Situmorang telah menyatakan mundur. Ketua KPK Agus Rahardjo dan Wakil Ketua KPK Laode Muhammad Syarif juga telah menyerahkan tugas pemberantasan korupsi kepada Presiden.

    Meski begitu, ada dua komisioner KPK yang belum menyatakan sikap, Basaria Panjaitan dan Alexander Marwata. Alexander terpilih kembali memimpin KPK di periode 2019-2023.

    Fahri menilai tak masalah jika seluruh pimpinan KPK anyar dilantik sekaligus. Karena pimpinan KPK dinilai sebagai satu paket.

    Mempercepat pelantikan juga tak akan bertentangan dengan aturan. Fahri menyebut keputusan presiden (keppres) hanya menulis masa kerja pimpinan KPK.

    "Meskipun di dalam Keppres-nya saya baca yang ada itu masa dimulainya tugas, tapi karena undang-undang mengatakan empat tahun. Maka ditarik empat tahun tepat di 21 Desember, karena dilantiknya itu 21 Desember 2015, tetapi tidak ada definitif harus tanggal 21 Desember 2019," ujar Fahri.

    Komisi III DPR telah memilih lima nama pimpinan KPK periode 2019-2023 pada melalui mekanisme voting. Mereka adalah Irjen Firli Bahuri, Alexander Marwata, Lili Pintauli Siregar, Nawawi Pomolango, serta Nurul Ghufron.

    Kelimanya akan disahkan melalui rapat paripurna DPR. Pelantikan kelima pimpinan tersebut akan digelar 21 Desember 2019.



    (DRI)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id