Pilkada Tak Langsung Dinilai Bukan Kemunduran

    Nur Azizah - 20 November 2019 10:02 WIB
    Pilkada Tak Langsung Dinilai Bukan Kemunduran
    Wasekjen PPP Achmad Baidowi/Medcom.id/Intan Yunelia
    Jakarta: Wakil Sekjen Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Achmad Baidowi tidak setuju pilkada tak langsung dianggap kemunduran. Baidowi menganggap pilkada langsung banyak menghabiskan uang negara.

    "Ya sebaiknya dievaluasi. Tapi demikian, bukan kemunduran," kata Achmad Baidowi di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu, 20 November 2019.

    Baidowi menilai yang terpenting dalam demokrasi ialah hasil akhir, bukan proses. Menurut dia, demokrasi hanya tata cara berpolitik mencapai kesejahteraan rakyat.

    Menurutnya, pilkada tak langsung tidak harus kembali ke DPRD. Banyak cara agar biaya politik berkurang.

    "Kalau persoalannya biaya politik, kan bisa ditekan yang lain. Misalnya, waktu kampanye dan biaya saksi dipangkas jadi separuh," ujar dia.

    Baidowi meminta bila ada partai yang terbukti memberikan mahar politik harus diberi sanksi pidana. Ia mengusulkan partai tersebut dibubarkan.

    "Ini saya kira perlu membuat orang jera. Kalau masih menggunakan pilkada langsung, mohon maaf ya, orang korupsi semua itu, kepala daerah, ingin balik modal. Enggak ada ceritanya mau sedekah," ujarnya.

    PPP ingin pilkada langsung wajib dievaluasi. Partai berlambang Kakbah ini menilai pilkada tak langsung banyak mendatangkan mudarat. Proses demokrasi itu harus

    "Apakah tetap menggunakan pilkada langsung dengan berbagai instrumen yang disederhanakan atau kembali ke DPRD. Itu nanti nunggu proses politik dan diskusi di internal," ujar dia. (ADI)



    (OJE)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id