Ombudsman: Pelayanan Publik Kemlu Terbaik

    Medcom - 27 November 2019 11:13 WIB
    Ombudsman: Pelayanan Publik Kemlu Terbaik
    Menteri Luar Negeri Retno Marsudi. Foto: Istimewa
    Jakarta: Standar pelayanan Kementeri Luar Negeri (Kemlu) menjadi yang terbaik dalam Survei Kepatuhan 2019 Ombudman. Kementerian binaan Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno Marsudi itu mengungguli Kementerian Agama yang sama-sama di zona hijau.

    "Kami berikan reward khusus untuk Bu Retno," kata anggota Ombudsman Adrianus Meliala, di Hotel JS Luwansa Jakarta , Rabu, 27 November 2019.

    Menurut dia, Kemlu memperoleh nilai tertinggi mencapai 110 dengan jumlah produk sebanyak 25 layanan. Indikator penilaian survei Ombudsman berdasarkan Undang-Undang (UU) Nomor 25 tahun 2009 tentang Pelayanan Publik. 

    Ombudsman menyoroti 14 poin dalam menguliti pelayanan Kemlu. Masalah ini berkaitan fasilitas dan hak pengguna layanan berkebutuhan khusus, di antaranya kaum disabilitas, ibu menyusui, dan manula.

    "Item ini agak sederhana tapi tertera dalam UU. Tapi kalau itu saja enggak dipenuhi bagaimana kita ke tingkat yang lebih tinggi. Kalau ada tapi kurang bagus, dikompilasi dapat angka yang kami kaitkan dengan zona merah, kuning, hijau kalau masuk zona tertentu, zona hijau, dan predikat tertinggi begitu," tambah dia.

    Menlu Retno melihat penghargaan ini menjadi tantangan bagi Kemlu dalam melayani publik. "Tentunya ini bukan hal mudah untuk dicapai dan lebih tidak mudah untuk dipertahankan," ucap Retno.

    Retno menyebut setidaknya terdapat tiga hal yang harus dipertahankan dalam. Pertama, mengubah pemikiran para pejabat. Kedua, penerapan standar yang mempermudah untuk dipantau layanannya. Ketiga, membuat inovasi sistem.

    Penghargaan dari Ombudsman pun menjadi ulang tahun ke-57 Retno hari ini semakin spesial. "Terima kasih banyak, ini adalah kado terindah di hari ulang tahun saya hari ini," pungkas dia. (Nisrina Kirana)





    (OGI)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id