Ketua KPU Tegaskan Tak Ada Intervensi dalam Penyusunan PKPU

    Kautsar Widya Prabowo - 06 Januari 2021 06:52 WIB
    Ketua KPU Tegaskan Tak Ada Intervensi dalam Penyusunan PKPU
    Ketua KPU Arief Budiman. Medcom.id/Theofilus Ifan Sucipto
    Jakarta: Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Arief Budiman menegaskan pembuatan sejumlah Peraturan KPU (PKPU) terkait pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak 2020 sesuai prosedur. Penyusunan PKPU sesuai aturan undang-undang.

    "Sepanjang saya mengikuti proses pembuatan peraturan KPU tidak ada satu pun rasa bahwa KPU ditekan oleh pihak mana pun," ujar Arief dalam webinar Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Indonesia (UI), Selasa, 5 Januari 2021.

    Arief menuturkan proses perumusan PKPU dilakukan secara transparan dengan melibatkan partisipasi masyarakat. Salah satunya, menampung saran dan masukan dari pegiat pemilu dalam forum diskusi.

    "Beberapa tahapan, dimulai dari draf biro-biro, kemudian rapat pleno, uji publik, beberapa bagian kita lakukan forum group discussion (FGD) dengan expert," tutur dia.

    Selain itu, tahapan konsultasi dengan DPR digelar secara terbuka melalui siaran digital. Dia menuturkan pada tahapan ini masyarakat dapat mengetahui sejumlah pasal yang menjadi perdebatan alot antara KPU dan DPR. Salah satunya, penyelenggaraan kampanye rapat umum.
     
    "Itu perdebatannya sangat keras, sangat ngotot, itu ada (usulan) pembatasan (peserta kampanye), harus dilakukan secara daring dan memenuhi protokol kesehatan," jelas dia.

    Arief tidak mempermasalahkan segelintir masyarakat berasumsi ada intervensi dalam pembuatan PKPU. Mengingat, penyelenggaraan pilkada di tengah pandemi covid-19 menuai pro dan kontra.

    "Yang paling penting, saat KPU menetapkan PKPU, kita sama sekali tidak dalam kondisi tertekan," tegas dia.

    (REN)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id