Jokowi Mulai Bahas Pembangunan Pelabuhan New Ambon

    Nur Azizah - 29 Maret 2021 16:47 WIB
    Jokowi Mulai Bahas Pembangunan Pelabuhan New Ambon
    Menhub Budi Karya Sumadi. Foto : Medcom/Desi.



    Jakarta: Presiden Joko Widodo (Jokowi) tengah membahas pembangunan Pelabuhan New Ambon bersama Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi dan Menteri Kelautan dan Perikanan (KKP) Sakti Wahyu Trenggono. Pelabuhan New Ambon akan menjadi lumbung ikan nasional.

    "Kita tahu bahwa Indonesia bagian Timur kaya dengan ikan, dan dalam laporan menteri KKP banyak sekali hal yang bisa diefektifkan agar fungsi-fungsi penangkapan ikan itu bisa secara masif," kata Budi di Kantor Presiden, Jakarta Pusat, Senin, 29 Maret 2021.

     



    Menurut Budi, membangun lumbung ikan nasional tidak cukup hanya mengandalkan pelabuhan-pelabuhan yang sudah ada. Butuh satu pelabuhan yang terintegrasi dengan kawasan industri.

    "Arahan Presiden (Jokowi) kita akan melakukan pembangunan solicited artinya pemerintah akan mulai membebaskan tanah 200 hektare dan mempersiapkan infrastruktur dasar," kata Budi.

    Baca: Menhub: Stakeholders Pelabuhan Diharap Bantu Pemulihan Ekonomi Nasional

    Setelah itu, pemerintah akan melakukan lelang kerja sama Pemerintah dan Badan Usaha (KPBU). Total investasinya sekitar Rp5 triliun dengan tahap awal Rp1,3 triliun.

    "Selain itu juga ada opportunity untuk mengembangkan kawasan menjadi 900 hektare di mana swasta akan membebaskan 700 hektare," ucap Budi.

    Rencananya, Pelabuhan New Ambon selesai dalam kurun waktu dua tahun. Di sisi lain, pemerintah akan merestruktur penghitungan penangkapan ikan.

    (JMS)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id