Hasil Gelar Perkara Kebakaran Gedung Kejagung Diminta Tak Jadi Polemik

    Anggi Tondi Martaon - 22 Oktober 2020 18:49 WIB
    Hasil Gelar Perkara Kebakaran Gedung Kejagung Diminta Tak Jadi Polemik
    Kondisi gedung Kejagung usai terbakar. Medcom.id/Kautsar Widya Prabowo
    Jakarta: Gelar perkara kasus kebakaran Gedung Kejaksaan Agung (Kejagung) rampung. Proses hukum itu menggambarkan fakta bahwa tak ditemukan unsur kesengajaan dalam kebakaran pada 22 Agustus 2020 itu.

    "Dalam proses penyelidikan formal dan dilakukan pihak berwajib, ternyata temuannya adalah ini, kecelakaan, ya kita harus hormati dan ikuti hasilnya,” kata Wakil Ketua Komisi III DPR, Ahmad Sahroni, dalam keterangan tertulis, Kamis, 22 Oktober 2020.

    Politikus Partai NasDem itu maklum jika hasil gelar perkara itu tidak dapat diterima sebagian pihak. Sebab, terdapat beberapa dugaan bahwa kebakaran tersebut disengaja.

    “Kita yang awam hanya bisa menduga, keputusan berdasarkan fakta tentunya ada di tangan aparat berwenang," ungkap dia.

    Dia pun meminta hasil gelar perkara penyebab kebakaran itu tidak menjadi polemik. Sebaliknya, masyarakat diminta mendukung Kejagung menyelesaikan kasus-kasus yang tengah ditangani.

    "Dibanding terus memikirkan drama-drama yang memecah konsentrasi," ujar dia.

    Sebelumnya, Badan Reserse Kriminal (Bareskrim) bersama Jaksa Agung Muda Bidang Pidana Umum (Jampidum) melakukan gelar perkara kebakaran Gedung Kejagung. Hasilnya,tak ada unsur kesengajaan dalam peristiwa itu.

    "Tidak ada, tidak ada unsur disengaja," kata Jampidum Kejagung Fadil Zumhana di Kompkeks Gedung Kejagung, Jakarta Selatan pada Rabu, 21 Oktober 2020.

    Sementara itu, pihak penyidik Bareskrim Polri rencananya melakukan gelar perkara penentuan tersangka. Kegiatan tersebut rencananya dilakukan pada Jumat, 23 Oktober 2020.

    "Nanti dilakukan gelar tersendiri, internal, yang direncanakan Jumat pagi (23 Oktober 2020),' kata Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Awi Setiyono saat dikonfirmasi di Jakarta, Kamis, 22 Oktober 2020.

    (ADN)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id