Tiga Pesan Penting Jokowi di Sidang Tahunan MPR

    Siti Yona Hukmana - 14 Agustus 2020 18:06 WIB
    Tiga Pesan Penting Jokowi di Sidang Tahunan MPR
    Presiden Joko Widodo/Medcom.id.
    Jakarta: Guru Besar Komunikasi Politik UPI Karim Suryadi menyebut ada tiga pesan penting disampaikan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam pidato kenegaraan sidang tahunan MPR. Pesan tersebut tak diucapkan, namun tersirat dari Jokowi.

    "Pesan itu pertama benahi diri secara fundamental, melakukan transformasi secara besar, dan melakukan strategi besar," kata Karim dalam Live Event Sidang Tahunan MPR RI di Metro TV, Jumat, 14 Agustus 2020.

    Menurut Karim, Presiden Jokowi tampil gagah dengan pakaian adat di gedung parlemen tersebut. Penampilan gagah presiden itu dinilai Karim sebagai bentuk keberanian dalam langkah-langkah transformasi yang dilakukan. 

    "Kegagahan dengan strategi yang rinci, tinggal bagaimana kita menjalankannya," ujar Karim. 

    Baca: Jokowi Tegaskan Regulasi Tumpang Tindih Harus Disudahi

    Dari ketiga pesan penting itu, Karim menilai ada salah satu yang menjadi fokus Presiden Jokowi. Yakni, membenahi diri secara fundamental. 

    "Karena tidak arif kalau kita harus mengoreksi orang per orang, lembaga per lembaga, itu bukan pada tempatnya," ucap Karim.

    Lebih lanjut, Karim menilai Presiden Jokowi ingin hadir sebagai dokter dalam penanganan covid-19. Dokter berupaya menyembuhkan pasien lewat diagnosis yang akurat.

    "Presiden mendiagnosis persoalan kita di mana jumlah kasus covid-19 masih naik, dan pertumbuhan minus tapi kita harus terus beranjak maju dengan strategi yang sudah digambarkan dengan tetap pada keyakinan bersama, yakni optimisme," tutur dia. 

    (ADN)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id