PKI Takluk Soekarno Lengser, Terbitlah Mustika Rasa

    Wandi Yusuf - 23 September 2020 11:22 WIB
    PKI Takluk Soekarno Lengser, Terbitlah Mustika Rasa
    Buku Mustika Rasa memiliki tebal 7 sentimeter dan terdiri atas 1.123 halaman. Buku ini berisi 1.600 resep makanan dari Sabang hingga Merauke. Foto-foto: Tony Antique
    Jakarta: Tahun 1965 merupakan tahun tenggelamnya Partai Komunis Indonesia (PKI). Ini ditandai dengan peristiwa gagalnya kudeta terhadap pemerintah pada September 1965 atau dikenal dengan G30S/PKI. 

    Namun, di tengah tenggelamnya partai berhaluan komunis itu, Presiden Soekarno justru meluncurkan proyek ambisius yang sudah disiapkan selama tujuh tahun. Proyek itu diberi nama: Mustika Rasa.

    Apa itu Mustika Rasa? Mustika Rasa adalah sebuah buku masak nasional yang terbit pada 1967. Judul lengkap buku itu adalah Buku Masakan Indonesia Mustika Rasa: Resep2 Masakan Indonesia dari Sabang sampai Merauke.

    Catatan Sejarawan Fadly Rahman dalam Jejak Rasa Nusantara membuktikan bahwa buku itu memang lahir di tengah kestabilan politik, ekonomi, dan merosotnya kondisi pangan sejak 1965 hingga 1967. Masa ketika PKI dinyatakan sebagai partai terlarang.
    PKI Takluk Soekarno Lengser, Terbitlah Mustika Rasa
    "Meski kondisi negara dalam keadaan tidak stabil, tahap penyelesaian buku masak Indonesia harus tetap berjalan. Panitia Penjelasan Buku Masakan Indonesia pun dibentuk dengan tugas mengurus segala persoalan teknis sebelum buku masak itu terbit ke pasaran," demikian tulis Fadly merujuk pada kondisi politik pada masa itu.

    Kenapa Soekarno amat terobsesi menerbitkan buku Mustika Rasa? Selain untuk mencoba keluar dari jeratan kelaparan, buku ini ingin memberikan alternatif bahan makanan yang bisa diolah dan berfaedah.

    "... supaja kookboek (buku masakan) itu merupakan penundjuk djalan bagi Rakjat Indonesia didaerah manapun, bagaimana bahan2 makanan jang terdapat didaerahnja itu dapat diolah mendjadi makanan lezat jang berfaedah," demikian pengantar dalam buku Mustika Rasa yang disusun Harsono Hardjohutomo itu.

    Baca: 4 Makanan Kesukaan Bung Karno

    Harsono adalah staf di Kementerian Pertanian saat itu. Bersama Sunardjo Atmodipuro, ia diperintahkan Menteri Pertanian Brigadir Jenderal Azis Saleh untuk memulai proyek pembuatan buku masakan nusantara.
     

    Halaman Selanjutnya
    PKI Takluk Soekarno Lengser, Terbitlah Mustika Rasa






    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id