comscore

Jokowi Ingatkan Baznas Harus Salurkan Zakat Tepat Sasaran

Andhika Prasetyo - 17 Januari 2022 16:00 WIB
Jokowi Ingatkan Baznas Harus Salurkan Zakat Tepat Sasaran
Presiden Joko Widodo. DOK Biro Pers
Jakarta: Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengingatkan Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) menyalurkan hasil harta pengumpulan zakat tepat sasaran. Sehingga masyarakat yang masuk ke golongan penerima akan memperoleh manfaat signifikan.

"Penyaluran zakat harus dilakukan secara tepat sasaran supaya memberi dampak signifikan bagi peningkatan kesejahteraan umat, meningkatkan aktivitas perekonomian, dan mengatasi berbagai masalah-masalah sosial termasuk membantu mengentaskan masyarakat dari kemiskinan," ujar Jokowi dalam Baznas Award 2022 secara virtual, Senin, 17 Januari 2022.
Kepala negara mengungkapkan visi misi Baznas sangat sejalan dengan upaya yang tengah digalakkan pemerintah. Dalam tujuh tahun terakhir, pemerintah terus berusaha mengurangi angka pengangguran dan tingkat kemiskinan.

Dia berharap Baznas bisa memunculkan program-program yang dapat dikolaborasikan dengan kebijakan pemerintah. Terutama dalam upaya penguatan ekonomi umat.

"Baznas harus ikut berperan mendorong pengembangan UMKM, memberikan pendampingan dan layanan untuk mendorong tumbuhnya usaha-usaha produktif sehingga UMKM bisa naik kelas. Usaha mikro dan kecil bisa berkembang menjadi menengah dan yang menengah bisa tumbuh menjadi besar," tutur Jokowi.

Jokowi juga menyebut di masa pandemi seperti sekarang Baznas mesti menjadi bagian dari ikhtiar bersama membantu umat mengatasi situasi sulit dan memperkuat solidaritas antarsesama. Baznas mesti menjadi penggerak dalam menolong saudara-saudara yang sedang dalam kesulitan.

"Baznas harus bisa mengajak umat untuk bangkit menjadi kekuatan ekonomi baru yang makin produktif dan berdaya saing," tegas dia.

Baca: Presiden: Baznas Harus Berinovasi untuk Menarik Zakat
 

(REN)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id