Usulan Memajukan Jadwal Pemilu 2024 untuk Cegah Tahapan Tumpang-Tindih

    Fachri Audhia Hafiez - 02 Juni 2021 08:54 WIB
    Usulan Memajukan Jadwal Pemilu 2024 untuk Cegah Tahapan Tumpang-Tindih
    Ilustrasi Medcom.id.



    Jakarta: Usulan Komisi Pemilihan Umum (KPU) memajukan pelaksanaan Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 disebut beralasan. Tak lain agar sejumlah tahapan lain tidak tumpang-tindih. Terlebih, pada 20 November 2024, akan dilaksanakan pemilihan kepala daerah (pilkada) serentak.

    "Supaya tahapannya juga tidak berimpitan, maka pelaksanaan pemilu itu pemilihan presiden (pilpres) dan pemilihan legislatif (pileg) itu ditarik lebih cepat," kata Wakil Ketua Komisi II DPR, Saan Mustopa, kepada Medcom.id, Rabu, 2 Juni 2021.

     



    Saan mengatakan tahapan yang berimpitan akan menyulitkan penyelenggara pemilu. Misalnya, dalam menghadapi gugatan sengketa pemilu di Mahkamah Konstitusi (MK) hingga potensi dua putaran pilpres.

    "Satu sisi tahapan pemilu belum selesai tapi di sisi lain tahapan pilkada sudah dimulai," ucap Saan.

    Baca: Pencoblosan Pilpres 2024 Diusulkan Januari, Bukan April

    Ketua Badan Pemenangan Pemilu (Bappilu) Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai NasDem ini menuturkan skenario rancangan penyelenggaraan Pemilu 2024 masih dibahas tim kerja di Komisi II DPR. Tim kerja ini terdiri atas KPU, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu), Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP), dan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).

    Tim kerja masih menggodok simulasi penyelenggaraan pemilu. Desain dan konsep tentang penyelenggaraan Pemilu 2024 bakal dimatangkan dan disepakati.

    "Nanti dari hasil tim kerja (disepakati). Ini kan baru bahan (usulan) dari KPU, belum kita bahas secara detail. Kan banyak sekali yang akan kita atur, selain soal penetapan waktu," ujar Saan.

    Sebelumnya, KPU mengusulkan pelaksanaan pemilu dipercepat dari 21 April 2024 menjadi 21 Februari 2024. Usulan KPU sudah dikemukakan pada rapat dengar pendapat (RDP) secara tertutup di DPR pada Senin, 24 Mei 2021.

    (JMS)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id