Nasib Penyelenggaraan Haji 2021 Diputuskan 2 Hari ke Depan

    Fachri Audhia Hafiez - 31 Mei 2021 18:20 WIB
    Nasib Penyelenggaraan Haji 2021 Diputuskan 2 Hari ke Depan
    Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas diwawancarai di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin, 31 Mei 2021. Foto: Medcom.id/Fachri Audhia Hafiez



    Jakarta: Nasib penyelenggaraan Haji 2021 disampaikan dalam waktu dekat. Keputusan ini akan menjawab berangkat atau tidaknya jemaah haji Indonesia ke Arab Saudi.

    "Kita tunggu, satu atau dua hari ini akan ada keputusan," kata Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin, 31 Mei 2021.

     



    Menurut dia, otoritas di Arab Saudi belum mengumumkan membuka pintu untuk jemaah haji dari luar negara. Hal inilah yang membuat penetapan kuota Haji 2021 masih menggantung.

    "Kuota dari mana? Tidak ada satu pun di dunia ini (negara) yang memiliki misi haji yang sekarang sudah dapat kuota," ucap Yaqut.

    Baca: Menag: Belum Ada Kepastian Pelaksanaan Haji dari Arab Saudi

    Yaqut menegaskan pemerintah sudah menggodok berbagai skenario ibadah haji di tengah pandemi covid-19. Skenario itu dirancang jauh-jauh hari sambil menunggu keputusan Arab Saudi.

    "Persiapan dalam negeri kita sudah siapkan dari A sampai Z, dari teknis paling detail sampai teknis yang tidak detail," terang Yaqut.

    Dia bakal melapor terkait kondisi pelaksanaan haji kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi). Masalah ini akan dipaparkan kepada Kepala Negara.

    "Saya akan lapor ke Presiden menyampaikan situasinya seperti apa, para jemaah ekspektasinya apa, pemerintah Saudi seperti apa, harapan kawan-kawan di DPR RI ini seperti apa. Kan harus disampaikan semua," ujar Yaqut.

    (OGI)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id