PP Postelsiar Dipercaya Berdampak Positif untuk Investasi

    Anggi Tondi Martaon - 26 Februari 2021 19:07 WIB
    PP Postelsiar Dipercaya Berdampak Positif untuk Investasi
    Ilustrasi. Medcom.id



    Jakarta: Peraturan Pemerintah Nomor 46 Tahun 2021 tentang Pos, Telekomunikasi, dan Penyiaran (PP Postelsiar) telah diterbitkan. Regulasi itu diyakini berdampak positif, terutama dengan keberadaan Pasal 15 PP Postelsiar.

    Anggota Komisi I dari Fraksi Partai Golkar, Bobby Adhityo Rizaldi, mengatakan aturan dalam Pasal 15 PP Postelsiar membuat penyedia layanan Over The Top (OTT) nyaman dalam berinvestasi di dalam negeri. "Ini merupakan payung hukum pelaksanaan dari Undang-Undang Cipta Kerja, yang diharapkan membuat industri OTT nyaman dan segera berinvestasi di Indonesia," ujar Bobby saat dihubungi, Jumat, 26 Februari 2021.






    Layanan OTT, yakni penyedia konten berupa data, informasi, atau multimedia yang berjalan melalui jaringan internet. Bobby mengatakan penerapan aturan tersebut juga berdampak baik bagi ekonomi, industri, dan komunitas penunjangnya.

    PP Postelsiar juga dinilai tidak mendiskriminasi pelaku usaha. Pengusaha lokal dan asing harus mematuhi regulasi perpajakan di dalam negeri

    "Target dari PP ini adalah investasi di klaster usaha internet dan menyerap tenaga kerja baru," ujar dia.

    Baca: PP Postelsiar Menjunjung Nilai Keadilan

    Bobby mengatakan ada raksasa teknologi yang melirik payung hukum itu sebagai dasar berinvestasi di Indonesia. Salah satunya Amazon.

    Menurut Bobby, ada potensi modal Rp20 triliun yang bakal ditanam Amazon di kawasan Jababeka. “Raksasa digital lain akan berinvestasi juga di Indonesia, kita optimis," ujar Bobby.

    Berikut aturan terkait OTT yang tercantum di Pasal 15 PP Postelsiar:

    (1) Pelaku usaha baik nasional maupun asing yang menjalankan kegiatan usaha melalui internet kepada pengguna di wilayah Indonesia dalam melakukan kerja sama usahanya dengan penyelenggara jaringan telekomunikasi, dan/atau penyelenggara jasa telekomunikasi dilaksanakan berdasarkan prinsip adil, wajar, dan non-diskriminatif, serta menjaga kualitas layanan sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.

    (2) Kegiatan usaha melalui internet sebagaimana dimaksud pada ayat (1) berupa:
    a. Substitusi layanan telekomunikasi;
    b. Platform layanan konten audio dan/atau visual; dan/atau
    c. Layanan lainnya yang ditetapkan oleh Menteri.

    (3) Pelaku usaha sebagaimana dimaksud pada ayat (1) merupakan pelaku usaha yang memenuhi ketentuan kehadiran signifikan berdasarkan:
    a. Persentase trafik dari trafik domestik yang digunakan;
    b. Pengguna harian aktif di Indonesia dalam periode tertentu sampai dengan jumlah tertentu; dan/atau
    c. Kriteria lainnya yang ditetapkan oleh Menteri.

    (4) Ketentuan mengenai kerja sama dengan penyelenggara jaringan telekomunikasi dan/ atau penyelenggara jasa telekomunikasi sebagaimana dimaksud pada ayat (1), dikecualikan bagi pelaku usaha berupa pemilik dan/atau pengguna akun pada kanal media sosial, kanal platform konten, kanal marketplace, dan jenis kanal lainnya.

    (5) Bentuk dan materi kerja sama sebagaimana dimaksud pada ayat (1) dilakukan dalam bentuk yang disepakati oleh para pihak.

    (6) Dalam memenuhi kualitas layanan kepada penggunanya dan/atau untuk kepentingan nasional, penyelenggara jaringan telekomunikasi dan/atau penyelenggara jasa telekomunikasi dapat melakukan pengelolaan trafik.

    PP Postelsiar mengecualikan kerja sama dengan penyelenggara telekomunikasi, seperti pelaku usaha berupa pemilik dan/atau pengguna akun pada kanal media sosial, kanal platform konten, kanal marketplace, dan jenis kanal lainnya.

    (AZF)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id