Pencopotan Kapolda Metro Jaya Dinilai Tak Terkait Bursa Calon Kapolri

    Anggi Tondi Martaon - 17 November 2020 18:20 WIB
    Pencopotan Kapolda Metro Jaya Dinilai Tak Terkait Bursa Calon Kapolri
    Anggota Komisi III Arsul Sani/MI/Susanto.
    Jakarta: Pencopotan Kapolda Metro Jaya Inspektur Jenderal (Irjen) Nana Sujana dinilai tidak berkaitan dengan bursa calon Kepala Polri (Kapolri). Rotasi murni evaluasi kinerja di lingkungan Korps Bhayangkara.

    "Jadi itu enggak ada urusannya dengan katakanlah menurut saya dengan persaingan di internal perwira tinggi Polri dengan jabatan Kapolri di masa akan datang," kata anggota Komisi III Arsul Sani di Gedung Nusantara III, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa, 17 November 2020.

    Wakil Ketua MPR itu mengungkap tanpa kelalaian penerapan protokol kesehatan tidak ada yang mengetahui kandidat Kapolri selanjutnya. Sebab, pengajuan nama calon Kapolri berada di tangan Presiden Joko Widodo (Jokowi).

    "Jadi jangan juga ditariknya terlalu jauh lah," ungkap dia.

    Sekretaris Jenderal (Sekjen) Partai Persatuan Pembangunan (PPP) itu menilai Kepala Negara mengajukan perwira tinggi (pati) bintang tiga sebagai Kapolri. Sedangkan pangkat Nana jenderal bintang dua. 

    Baca: 4 Syarat Utama Calon Kapolri Versi IPW

    Menurut dia, jarang perwira tinggi (pati) berpangkat Irjen langsung diproyeksikan sebagai Kapolri. Meskipun, hal itu pernah dilakukan sebelumnya oleh Presiden Jokowi.

    "Saya yakin, terlepas orangnya siapa, Pak Jokowi akan memilih Kapolri yang baru ini dari jajaran bintang 3 yang ada," ujar dia.

    Sebelumnya, Nana sempat diisukan bakal menjadi Kapolri selanjutnya. Hal tersebut dikemukakan Indonesian Police Watch (IPW).

    (ADN)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id