BKKBN: Pasangan Ingin Menikah Cenderung Abai Kesehatan Reproduksi

    Sri Yanti Nainggolan - 04 Maret 2021 02:06 WIB
    BKKBN: Pasangan Ingin Menikah Cenderung Abai Kesehatan Reproduksi
    Ilustrasi pernikahan. Medcom.id



    Jakarta: Badan Koordinasi Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) menyebut calon suami istri cenderung abai pada kondisi tubuh dalam suatu pernikahan. Padahal menjaga kesehatan alat reproduksi penting dalam memberantas stunting atau gagal tumbuh anak.

    "(Calon pasangan) tak segan (biaya) prewedding besar tapi menyiapkan sperma dan sel telur yang baik sering dilupakan," ujar Deputi Keluarga Sejahtera dan Pemberdayaan Keluarga (KSPK) BKKBN, M Yani, dalam diskusi Media Group News, Rabu, 3 Maret 2021.






    Yani menyebut biaya menyiapkan sperma dan sel telur tak mahal. Pasangan cukup mengonsumsi makanan bergizi yang mengandung vitamin, asam folat, dan zinc.

    "Dikonsumsi tiga bulan sebelum konsepsi, ini berdasarkan hasil riset adalah tindakan yang baik untuk mencegah stunting," terang dia.

    (Baca: Turunkan Stunting Hingga 14%, Begini 5 Strategi BKKBN)

    Yani mengungkapkan untuk memaksimalkan koordinasi penanganan stunting secara nasional pemerintah mengecilkan lingkup kementerian yang terlibat. Sebanyak sembilan dari 23 kementerian dilibatkan.

    "Tapi bukan berarti yang tak terlibat, tidak membantu program ini. Misalnya Kominfo ikut menyampaikan pesan-pesan (soal stunting)," beber dia.

    BKKBN merumuskan kebijakan untuk mempercepat penurunan persoalan tengkes atau stunting. Penurunan ditargetkan mencapai 14 persen pada 2024.

    Sementara itu, lima juta bayi diperkirakan lahir setiap tahun. BKKBN memprediksi prevalensi stunting tahun ini 27 persen.

    (REN)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id