Kementerian Pimpinan Kader NasDem Raih Predikat Tertinggi Keterbukaan Informasi

    Fachri Audhia Hafiez - 02 Desember 2020 16:31 WIB
    Kementerian Pimpinan Kader NasDem Raih Predikat Tertinggi Keterbukaan Informasi
    Ketua Bidang Media dan Komunikasi Publik DPP Partai NasDem Charles Meikyansah. Dok. Partai NasDem
    Jakarta: Tiga kementerian di Kabinet Indonesia Maju yang dipimpin kader Partai NasDem meraih predikat tertinggi dalam keterbukaan informasi. Pencapaian itu hasil monitoring dan evaluasi (monev) yang diselenggarakan Komisi Informasi Pusat (KIP) pada 2020.

    Ketiga Kementerian itu, yakni Kementerian Pertanian (Kementan), Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), dan Kementerian Komunikasi, dan Informasi (Kemenkominfo). Partai NasDem mengapresiasi pencapaian itu.

    "Meraih predikat sebagai kementerian yang informatif tentu tidak terlepas dari keberadaan pimpinan di lembaga itu sendiri. Kami sangat bersyukur, bangga, dan mengapresiasi capaian itu," kata Ketua Bidang Media dan Komunikasi Publik DPP Partai NasDem, Charles Meikyansah, dalam keterangan tertulis, Rabu, 2 Desember 2020.

    Charles mengatakan keterbukaan informasi sangat penting ditanamkan kepada kader yang dipercaya memimpin tiga kementerian itu. Yakni, Jhonny G Plate sebagai Menteri Kominfo, Siti Nurbaya sebagai Menteri LHK, dan Syahrul Yasin Limpo yang dipercaya sebagai Menteri Pertanian.

    Baca: DKI Diganjar Penghargaan Pemda Paling Informatif

    Keterbukaan informasi publik oleh badan publik negara merupakan amanat UUD 1945 dan UU Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik beserta aturan turunannya. Upaya ini sebagai wujud pelayanan terhadap hak asasi dan hak konstitusional warga negara Indonesia atas informasi.

    Charles mengatakan Kementan bahkan untuk kali pertama berhasil memimpin di kelompok kementerian. Klasifikasi informatif yang diperoleh sebanyak 97,99 persen.

    Angka itu menggeser posisi Kementerian Keuangan yang selama ini selalu bertengger di posisi pertama. Klasifikasi informatif ini merupakan yang tertinggi dalam ajang Monev 2020.

    "Kami berharap predikat sebagai kementerian dalam klaster informatif ini terus dipertahankan setiap tahunnya," ujar Charles.

    (AZF)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id