NasDem Usul Revisi Perpres 33/2020 Terkait Legislator Daerah

    Fachri Audhia Hafiez - 26 September 2021 14:59 WIB
    NasDem Usul Revisi Perpres 33/2020 Terkait Legislator Daerah
    Ketua Fraksi NasDem Ahmad Ali/istimewa.



    Jakarta: Ketua Fraksi NasDem DPR Ahmad Ali mengusulkan perbaikan Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 33 Tahun 2020 tentang Standar Harga Satuan Regional. Beleid itu menyamaratakan anggota DPRD dengan aparatur sipil negara (ASN).

    "Dari cara pandang yang kami bangun, ini tidak bijak kalau anggota DPRD disamakan dengan ASN," kata Ali melalui keterangan tertulis, Minggu, 26 September 2021.

     



    Baca: NasDem Nilai Perpres Standar Harga Satuan Regional Perlu Direvisi

    Ali mengatakan aturan tersebut menempatkan anggota DPRD sebagai pejabat daerah yang merupakan bagian dari pemerintah atau eksekutif daerah. Padahal, kata dia, Undang-Undang Dasar (UUD) 1945 mengatur anggota DPRD menjalankan peran legislatif sebagai perwakilan rakyat. 

    Menurut Ali, Perpres Nomor 33 Tahun 2020 merupakan keresahan seluruh anggota DPRD dari semua partai politik. Sebab, semangat dari Perpres itu adalah bagaimana menempatkan anggota DPRD sama dengan ASN. Sehingga, fasilitas yang diberikan pun sama dengan ASN. 

    "Padahal, ASN ditunjuk untuk mendapat suatu jabatan, kalau anggota DPRD dipilih. Nah, di situ ada fungsi representasi, kemudian ada aspirasi," ujar Ali.

    Menurut Ali, anggota DPRD harus diberikan fasilitas dan kewenangan yang cukup. Hal ini dimaksudkan untuk memenuhi representasi dan aspirasi rakyat.

    Wakil Ketua Umum Partai NasDem itu mengatakan DPRD kerap terbatas secara fasilitas dan kewenangan. Sehingga, sulit untuk memperjuangkan aspirasi masyarakat.

    "Perbaikan beleid Standar Harga Satuan Regional tersebut demi terciptanya sistem yang menunjang fungsi anggota DPRD dalam menjalankan tugasnya sebagai legislator daerah," ucap Ali.

    (ADN)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id