Plt Wakil Ketua DPR Pengganti Azis Syamsuddin Segera Ditentukan

    Fachri Audhia Hafiez - 27 September 2021 11:26 WIB
    Plt Wakil Ketua DPR Pengganti Azis Syamsuddin Segera Ditentukan
    Ilustrasi: Medcom.id



    Jakarta: Legislator segera menentukan pelaksana tugas (Plt) wakil ketua DPR pengganti politikus Partai Golkar Azis Syamsuddin. Rapat pimpinan (rapim) untuk menunjuk pengisi kursi wakil ketua DPR digelar Senin, 27 September 2021, ini.

    "Kita baru mau rapim," kata Wakil Ketua DPR Sufmi Dasco Ahmad di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin, 27 September 2021.

     



    Dia memastikan DPR mengganti pucuk pimpinan sesuai Undang-Undang Nomor 17 Tahun 2014 tentang MPR, DPR, DPD, dan DPRD (UU MD3). Pihaknya akan mempertimbangkan usulan nama dari Partai Golkar. Namun, Dasco mengaku belum menerima surat usulan nama itu. 

    Baca: KPK Diminta Tuntaskan Semua Kasus Diduga Menyeret Azis Syamsuddin

    "Partai Golkar nanti melalui fraksi akan mengusulkan kepada pimpinan DPR mengenai penggantinya dan kemudian akan diproses melalui rapim Bamus (Badan Musyawarah) dan paripurna," ucap Dasco.

    Politikus Partai Gerindra itu memastikan tidak ada tenggat waktu dalam pergantian pimpinan DPR. Kinerja Parlemen dijamin tak terganggu kekosongan satu dari lima kursi pimpinan DPR.

    "Pengambilan keputusan kan harus dilakukan oleh forum rapim di DPR," ujar Dasco.

    Ada beberapa kandidat yang digadang-gadang menjadi suksesor Azis sebagai wakil ketua DPR. Mereka di antaranya Wakil Ketua Umum (Waketum) Golkar Ahmad Doli Kurnia, Sekretaris Jenderal (Sekjen) Golkar Lodewijk Freidrich Paulus, dan Sekretaris Fraksi Golkar Adies Kadir.

    Azis memundurkan diri sebagai wakil ketua DPR akibat terseret kasus dugaan suap penanganan perkara di Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Dia sudah ditahan Lembaga Antirasuah.

    (OGI)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id