GP NasDem: Pancasila Tak Perlu Diperdebatkan Lagi

    Fachri Audhia Hafiez - 20 September 2021 14:38 WIB
    GP NasDem: Pancasila Tak Perlu Diperdebatkan Lagi
    Ilustrasi. Pancasila. Antara/Prasetia Fauzani.



    Jakarta: Wakil Ketua Umum Garda Pemuda (GP) NasDem, Ivanhoe Semen, menilai Pancasila sebagai sebuah ideologi yang mutlak. Makna Pancasila seharusnya tidak lagi diperdebatkan.

    "Pancasila itu sudah sudah final. Jadi, tidak perlu untuk diperdebatkan lagi," kata Ivanhoe dalam kegiatan Webinar Direktorat Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik (Ditjen IKP) Kementerian Komunikasi dan Informatika dikutip Senin, 20 September 2021.

     



    Menurut Ivanhoe, Pancasila selalu dimaknai sebagai gotong royong. Makna tersebut sejatinya menjadi pengingat bahwa di masa pandemi covid-19 ini masyarakat harus saling membantu.

    "Jika kita berbicara Pancasila, yang intinya berbicara mengenai gotong-royong, di sinilah rasa kekeluargaan kita diuji. Implementasi terhadap inti dari Pancasila, yaitu gotong-royong diuji, agar bisa mengurangi beban kita dalam satu keluarga," ujar Ivanhoe.

    Dia menekankan pemuda harus mampu mengamalkan Pancasila dalam kehidupan sehari-hari. Bonus demografi yang bakal didapatkan Indonesia harus menjadi bagian dalam mengimplementasikan nilai-nilai Pancasila.

    "Di mana usia produktif menjadi dominan dan mengambil peranan. Akan tetapi, wawasan, kreativitas, dan inovasi saja tidak cukup jika dilakukan tanpa bekal dan amalan dari nila-nilai yang terkandung dalam Pancasila," ucap Ivanhoe.

    Baca: Mahfud Ingatkan Jaga Persatuan Bangsa

    Sementara itu, anggota Komisi I DPR Hillary Brigitta Lasut menilai peran pemuda juga mampu memicu keberhasilan Indonesia keluar dari krisis akibat pandemi covid-19. Hal itu, kata dia, sebagai bagian yang dibekalkan oleh Founding Fathers Indonesia kepada generasi muda.

    "Strategi yang bisa kita terapkan dengan fleksibel di masa perang seperti perang ekonomi, perang siber, juga perang di masa pandemi seperti saat ini," ujar Hillary.

    (JMS)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id