comscore

Surya Paloh Disebut Sosok yang 'Nguwongke', Apa Maknanya?

Rendy Renuki H - 17 Juli 2021 22:49 WIB
Surya Paloh Disebut Sosok yang Nguwongke, Apa Maknanya?
Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh. MI/Ramdani
Jakarta: Ketua Umum Parta NasDem Surya Paloh berulang tahun ke-70, Jumat, 16 Juli 2021 lalu. Rizal Mallarangeng pun memberikan penghormatan dengan menyebut Surya Paloh seorang sosok yang 'Nguwongke'.

Ternyata, istilah tersebut merujuk kepada Bahasa Jawa yang memiliki makna humanis. Makna lainnya yaitu seseorang yang bisa memanusiakan manusia dengan peduli dan berempati. 
"Bang Surya ini sebagai pribadi orangnya sangat hangat, kalau bahasa Jawanya 'Nguwongke' pada teman-temannya, pada orang yang tidak dikenal, tua dan muda, dia merangkul," kata Direktur Eksekutif Freedom Institute Rizal Mallarangeng saat acara Persembahan 70 Tahun Tribute To Surya Paloh di Metro TV, Sabtu, 17 Juli 2021.

Tak hanya 'Nguwongke', Surya Paloh dinilai sebagai sosok tokoh yang unik. Keunikan itu lah yang membuatnya memiliki peran penting dalam demokratisasi di Indonesia.

"Sebagai seorang tokoh dia memang unik, bisa punya peran yang penting dalam zaman yang berbeda. Dia perwakilan dari sebuah kelompok baru yang berkembang dengan baik dalam demokrasi," ujar Rizal. 

"Karena dia punya latar belakang organisasi yang kuat sehingga secara alamiah dia masuk dan memainkan peran penting dalam demokrasi," lanjutnya.

Rizal pun mengakui tahu persis bagaimana perjuangan Surya Paloh agar demokratisasi di Indonesia berjalan dengan baik. Bahkan menurutnya sosok yang lahir di Banda Aceh itu enggan berambisi menjadi Presiden, dan mendahulukan kepentingan negara.

"Saya kira karena intuisinya kuat, penciumannya kuat dan usahanya berhasil, dia kemudian melanjutkan ke tingkat yang lebih dalam lagi. Pada akhirnya bang Surya bisa mendirikan pantai dan partainya tanpa disangka setelah dua kali Pemilu menjadi partai yang berhasil," kata Rizal. 

"Bang Surya yang saya tahu tidak pernah mau jadi Presiden, tapi mau menjadi pelaku penting yang menentukan komposisi politik kita. Sehingga jalan Indonesia menurut beliau akan semakin baik, dan itu peran yang sangat bagus," tutupnya.

(MBM)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id