Surati DPR, KPU Ingin Finalisasi Jadwal Pemilu

    Cahya Mulyana - 30 November 2021 17:53 WIB
    Surati DPR, KPU Ingin Finalisasi Jadwal Pemilu
    Ilustrasi KPU. Medcom.id



    Jakarta: Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI telah mengirimkan surat perihal konsultasi jadwal Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 ke DPR. Tujuannya, DPR segera membahas jadwal pemilu sebelum masa sidang kali ini berakhir.

    "Hari ini (Selasa, 30 November 2021) KPU telah mengirimkan surat permohonan konsultasi dalam forum RDP (Rapat Dengar Pendapat) untuk membahas rancangan Peraturan KPU tentang Tahapan, Program, dan Jadwal Pemilu 2024. Surat sudah diterima di staf Setjen DPR RI," ujar Komisioner KPU RI Pramono Tanthowi dalam keterangan tertulis, Selasa, 30 November 2021.

     



    KPU berharap RDP bisa dilaksanakan pada 7 Desember 2021 atau setidak-tidaknya sebelum memasuki masa reses. DPR juga dapat menyesuaikan dengan agenda Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) dan Komisi II.

    "Terkait dengan hari H (Pemilu 2024), KPU telah mendengar masukan dari banyak pihak. Syukurnya, semua pihak pada akhirnya melihat bahwa tanggal yang diajukan oleh KPU (21 Februari 2024) merupakan pilihan paling tepat," tutur dia.

    Pramono juga mengapresiasi para pihak yang tetap menghormati kewenangan KPU menetapkan hari dan tanggal pemungutan suara. Hal tersebut sesuai Pasal 167 ayat 2 dan Pasal 347 ayat 2 Undang-Undang Pemilu dan Sikap pemerintah soal jadwal Pemilu 2024.

    Kemendagri belum mau bahas jadwal pemilu

    Direktur Jenderal Politik dan Pemerintahan Umum Kemendagri Bahtiar menilai penentuan jadwal Pemilu 2024 tidak perlu tergesa-gesa. Pasalnya kontestasi demokrasi terakbar itu masih lama dan saat ini terdapat dua agenda besar yakni seleksi calon pimpinan KPU dan Bawaslu serta pemulihan ekonomi.

    "Pemilu masih lama dan masih cukup waktu. Sekarang juga sedang berlangsung seleksi calon anggota KPU dan calon anggota Bawaslu RI periode 2022-2027," ujar dia kepada Media Indonesia, Selasa, 30 November 2021.

    Dia mengatakan pembahasan untuk menentukan jadwal pelaksanaan Pemilu 2024 lebih tepat oleh komisioner baru KPU. Sebab, mereka yang akan melaksanakan gelaran tersebut.

    "Fokus kita saat ini adalah penanganan kesehatan publik dan pemulihan ekonomi. Energi bangsa ini mestinya difokuskan ke situ," ujar dia.

    Bahtiar juga mengatakan Pemilu 2024 masih tiga tahun lagi dan periode pemerintahan saat ini baru berjalan dua tahun. Pihaknya saat ini fokus membangun mekanisme pemilu di tengah pandemi.

    "Kemendagri fokus menjalankan tugas sesuai UU Pemda menggerakkan pemda untuk membangun daerah," ujar dia.

    Bahtiar mengajak semua pihak tidak perlu mempersoalkan jadwal Pemilu 2024. Sebab, pelaksanaan pemilu masih lama.

    "Fokus kita di situ. Kita tak usah terlalu larut urusan teknis demikian karena sudah ada aturannya, kita ikuti saja," ujar Bahtiar.

    Baca: Deadline Penetapan Jadwal Pemilu 2024 Awal Tahun 2022
     

    (REN)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id